Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Izinkan Haul Syekh Maulana Maghribi, Bupati Batang: Hanya untuk Warga Lokal

Bupati Batang, Wihaji. (RMOLJateng)

MURIANEWS, Batang – Haul Syeh Maulana Maghribi Desa Wonobodro, Kabupaten Batang diizinkan untuk digelar tahun ini. Hanya saja, even tahunan yang biasa digelar setiap tanggal 13 Muharram itu digelar diperuntukkan untuk warga lokal.

Bupati Batang Wihaji menjelaskan, haul di petilasan aulia penyebar agama Islam di tanah Jawa itu biasanya dipadati ribuan peziarah dari berbagai kota.

”Karena itu, perayaan haul tahun ini hanya untuk warga lokal, yakni warga di dukuh itu saja. Tentunya pelaksanaanya dengan prokes yang ketat,” kata Wihaji seperti dikutip RMOLJateng.

Ia menyebutkan, sesuai rencana haul akan dilaksanakan pada Minggu 22 Agustus. Untuk mencegah kedatangan para pecinta haul dan ziarah, pihaknya akan melakukan penyekatan di beberapa titik bersama TNI-Polri.

Ada empat titik yang akan disekat, yakni Kecamatan Wonotunggal, Kecamatan Bandar, Kecamatan Blado, dan Kecamatan Reban. Penyekatan tersebut bahkan sudah dimulai mulai Rabu (18/8/2021).

Selain penyekatan, pemkab juga membuat 17 baliho pengumuman agar warga tahu bahwa haul Wonobrodo tidak dibuka untuk umum. Baliho berukuran 1×1,5 meter itu dipasang dibeberapa titik strategis.

”Kami harap semua warga bisa memahami situasi ini. Karena pandemi belum berakhir kami tidak bisa menggelar haul untuk umum,” tandasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: RMOLJateng

Comments
Loading...