Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jadi Saksi Agresi Militer Belanda, Kondisi Stasiun Wergu Kudus Tak Terawat

Kondisi eks bangunan Stasiun Wergu Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kondisi eks Stasiun Wergu, di Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kudus kondisinya tak terawat. Padahal tempat ini menjadi saksi sejarah perjuangan pemuda di Kudus.

Kondisi yang memprihatinkan terlihat dari kondisi bangunan yang semakin rapuh. Dinding yang penuh coretan dan beberapa lumut yang menempel pada dinding.

Selain itu, kondisi ubin sudah pecah. Bahkan, saat ini bangunang eks Stasiun Wergu itu justru digunakan sebagai tempat parkir mobil. Hal itu terlihat dari beberapa mobil yang terparkir di area eks Stasiun Wergu tersebut.

Ketua Lembaga Penjaga dan Penyelamat Karya Budaya Bangsa (LPPKBB) Kudus Sancaka Dwi Supani mengungkapkan kondisi bangunan yang tak terawat itu merupakan sebuah ironi.

Menurutnya, pada tahun 1880 lokasi ini menjadi saksi bersejarah perjuangan pemuda melawan Belanda dalam Agresi Militer Kedua. Pemuda memilih untuk menghadang Belanda di Stasiun Wergu karena lebih strategis.

“Kondisinya memang semakin memperihatinkan. Untuk itu saya ada saran agar eks stasiun ini digunakan untuk pusat kuliner jajanan tradisional. Kalau tempat ini dimanfaatkan, pasti kan akan dirawat, sehingga kondisinya tidak seperti ini,” katanya, Rabu (18/8/2021).

Sancaka mengaku prihatin jika kondisi bangunan eks stasiun terbelengkalai, karena memiliki cerita sejarah yang kuat.

“Sekadar untuk tahu, Tugu Juang 45 yang sekarang ada di Wergu Wetan itu awalnya kan letaknya di Tanggulangin. Kemudian dipindah di sini dekat dengan eks stasiun supaya terus dikenang bahwa dulu pejuang kita itu kalah saat menghadang di Tanggulangin. Kemudian mengubah strategi untuk menghadang Belanda di eks stasiun ini,” tandasnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...