Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Berpakaian Pejuang, Pecinta Sepeda Unta di Kudus Ikut Upacara Sembari Kampanye Prokes

Komunitas sepeda tua di Kudus menggelar upacara HUT RI dengan kampanye prokes, Selasa (17/8/2021). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Para pecinta sepeda unta di Kabupaten Kudus yang tergabung dalam komunitas Onto-Onto Tok (OOT) dan komunitas sepeda asal Demak, Nafas Tua meramaikan perayaan HUT ke-76 RI di Kudus. Mereka mengikuti upacara dengan mengenakan bau khas pejuang di halaman GOR Wergu Wetan, Selasa (17/8/2021).

Selain itu, mereka juga mengkampanyekan protokol kesehatan (prokes) melalui sebuah papan yang ditempatkan di sepeda tuanya. Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat agar taat prokes.

“Kami ada 70 orang yang ikut serta upacara. Pertama kami ingin nguri-uri budaya nyepeda kuno jangan sampai punah. Kedua kami ingin sampaikan kampanye prokes,” kata Ketua OOT, Bambang Sudiarto, Selasa (17/8/2021).

Ia mengatakan, sengaja mengenakan pakaian pejuang sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan RI.

“Ini sebagai bentuk mengenang dan menghormati pahlawan. Kemudian bisa dilihat juga tadi ada yang pakai kaus dengan gambar tertusuk bambu runcing itu bentuk seorang pejuang tetapi berkhianat,” ungkapnya.

Bambang berharap generasi penerus bisa melanjutkan perjuangan pahlawan. Dia berpendapat hal itu penting untuk dilakukan sebagai bentuk menghormati jasa pahlawan yang sudah gugur.

“Jangan sampai melupakan jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kudus, Yon Sugianto memilih menggunakan pakaian Jawa untuk ikut upacara HUT ke-76 RI. Dia ingin tampil beda dari yang sering dipakai orang.

“Ingin tampil beda saja, jadi hari ini saya pakai pakaian adat Yogyakarta,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...