Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

100 Napi Rutan Kelas II A Pekalongan Diusulkan Terima Remisi Kemerdekaan, Dua di Antaranya Langsung Bebas

Kepala Lapas Kelas II A saat meninjau para napi. (Diskominfo Kota Pekalongan)

MURIANEWS, Pekalongan – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Kota Pekalongan mengusulkan 100 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana (napi) untuk mendapatkan remisi HUT ke-76 RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2021 besok.

Kepala Rutan Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan menyebutkan, dari 100 WBP Rutan yang diusulkan mendapatkan remisi, dua di antaranya mendapatkan Remisi Umum (RU) II atau langsung bebas.

”Untuk Remisi Kemerdekaan bagi WBP Rutan Kelas II A Pekalongan di tahun 2021 ini sejumlah 100 orang, terdiri dari 98 orang mendapatkan RU I dan 2 orang mendapatkan RU II atau langsung bebas,” katanya.

”Rinciannya 69 orang mendapatkan pengurangan masa tahanan 1 bulan, 19 orang potongan tahanan 2 bulan, 8 orang mendapatkan potongan tahanan 3 bulan dan 4 orang mendapatkan potongan tahanan 4 bulan,” tambah Anggit dalam siaran pers di laman Pemkot Pekalongan, Senin(16/8/2021).

Lebih lanjut, Anggit menjelaskan, tidak semua warga binaan diusulkan mendapat remisi umum di momen peringatan Kemerdekaan 17 Agustus ditahun ini.

Syaratnya, mereka taat dan patuh serta tidak melakukan pelanggaran selama menjalani hukuman di lingkungan Rutan. Mereka yang diusulkan sudah menjalani masa hukuman minimal selama enam bulan.

“Untuk kasus pidana mereka bervariasi ada yang kriminal, narkotika tapi untuk narkotika di sini rata-rata pelanggarannya belum terlalu tinggi masa pidananya. Kriteria untuk mendapatkan remisi tentunya yang bersangkutan harus berkelakuan baik, tidak melanggar tata tertib baik di rutan maupun dengan instansi terkait, intinya tidak ada perkara lain, dan sudah menjalani masa hukuman minimal selama 6 bulan,” tambahnya.

Anggit menambahkan saat ini ada 230 orang WBP di Rutan Kelas II A Pekalongan. Hanya saja, karena ditunjuk sebagai pilot project, pihaknya sudah mempersiapkan untuk memindahkan ke UPT lain lantaran kapasitas Rutan hanya 197 orang.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Pemkot Pekalongan

Comments
Loading...