Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jokowi Pakai Pakaian Adat Suku Baduy Di Sidang Tahunan MPR

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Amin Ma’ruf beserta Ketua DPR RI Puan Maharani serta Ketua MPR RI Soesatyo saat berjalan memasuki ruang sidang. (YouTube/Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Suku Baduy atau dikenal juga urang Kenekes saat menyampaikan pidatonya di Sidang Tahunan MPR RI 2021. Busana tersebut disiapkan ketua Adat Suku Baduy, Jaro Saidah.

“Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat Suku Baduy. Saya suka karena desainnya sederhana simpel dan nyaman dipakai. Saya ucapkan terimakasih kepada Jaro Saidah, ketua ada masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini,” kata Jokowi usai menyampaikan pidatonya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/8/2021).

Pakaian adat itu, yakni setelan atasan dan celana hitam dengan lencana merah putih di dada kiri. Presiden melengkapinya dengan udeng kepala berwarna biru, sendal hitam ala orang Keneks atau Baduy, lengkap dengan tas rajut berwana cokelat. Presiden juga terlihat mengenakan masker berwarna hitam.

Jokowi berjalan memasuki gedung Parlemen dengan disambut Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Untuk diketahui, sidang tahunan MPR RI tahun ini digelar dengan suasana yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, sidang tahunan kali ini akan digelar secara sederhana dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Karena kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI akan kembali digelar secara luring dan daring. Sidang tahunan digelar secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Bambang dalam keterangannya.

Dirangkum MURIANEWS, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Bugis pada pidato kenegaraan di MPR RI pada 2017 lalu, Kemudian, baju adat Sasak, NTB pada 2019, dan baju adat Sabu, NTT pada 2020.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...