Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tingkatkan Imun, Lapas Semarang Senam Pernafasan Bareng Kemenkumham

Jajaran Lapas Kelas I Semarang saat mengikuti senam bersama Kemenkumham yang disiarkan langsung via Zoom. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar kegiatan Kumham Sehat Kumham Produktif. Kegiatan tersebut berisi latihan pernafasan Bio Energy Power (BEP) hingga telemedicine konsultasi kesehatan.

Seluruh jajaran Kemenkumham di seluruh Indonesia, baik di unit utama, kantor wilayah, ataupun unit pelaksana teknis mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui zoom. Dalam sepekan, kegiatan tersebut dilakukan dua kali, yakni Rabu dan Jumat.

Salah satunya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang mengikuti senam BEP melalui virtual, Jumat (13/8/2021).

Kepala Lapas Semarang Supriyanto mengatakan, senam pernafasan yang digelar Kemenkumham tersebut memiliki banyak manfaat. Mulai meningkatkan kebugaran tubuh hingga mempercepat kesembuhan bagi pasien Covid-19.

Untuk itu, seluruh jajaran di Lapas Semarang pun diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Senam pernafasan ini bisa meningkatkan imunitas dan memperbaiki sel tubuh sehingga daya tahan tubuh selalu prima dan dijauhkan dari virus Covid-19,” katanya.

Sementara Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto menjelaskan, kesehatan sangat penting untuk mendukung kinerja para  pegawai. Hanya dengan tubuh yang sehat, jajaran Kemenkumham dapat memberikan produktivitas dan pelayanan yang maksimal.

“Jangan abaikan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini. Menjadi sehat bukan hanya kiasan, tetapi goals kami saat ini adalah memiliki jiwa dan raga yang sehat. Apalagi bisa diikuti secara virtual  sehingga rekan-rekan yang sedang isolasi mandiri pun bisa juga mengikuti,” tegasnya.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, diawali dengan latihan olah pernapasan teknik BEP yang dipimpin oleh pelatih profesional. Perpaduan antara kombinasi olah nafas dan olahraga gerak yang sederhana.

“Sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, karena tanpa memerlukan alat bantu tambahan,” ucapnya.

Selain itu, tim dokter di seluruh unit Kemenkumham telah melakukan layanan telemedicine selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pegawai Kemenkumham yang terpapar Covid-19 bisa melakukan konsultasi melalui telepon dan mendapatkan rekomendasi tindakan serta obat-obatan.

Pihaknya juga mengingatkan agar seluruh pegawai Kemenkumham bisa melaksanakan Work From Home (WFH) dengan tanggung jawab penuh. Pola kerja konvensional saat ini, telah diubah menjadi pola kerja digital, sehingga kebutuhan kerja jarak jauh bisa terakomodir.

“Pandemi mengajarkan satu hal, yakni digitalisasi. Kami ubah pola kerja menjadi digital agar WFH menjadi efektif. Jadi tetap sehat dan tidak mengurangi produktfitas,” pungkasnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...