Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lima Ton Beras Bantuan Tiba di Karimunjawa, Langsung Dibagikan ke Warga

Penyerahan bantuan beras untuk warga Karimunjawa. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mendistribusikan beras kepada masyarakat Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Sabtu (14/8/2021) siang ini, setibanya di pelabuhan, beras langsung dibagikan ke masing-masing desa.

Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Jepara, Ferry Yudha Adhi Darma menjelaskan, bantuan beras itu bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Sebanyak lima ton beras itu dibagikan kepada seluruh warga Kepulauan Karimunjawa. Kecuali mereka yang sudah menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Beras siang ini sudah datang. Langsung kita distribusikan kepada warga melalui masing-masing petinggi (kepala desa, red),” kata Ferry, saat ditemui setelah menyalurkan beras itu di pelabuhan.

Kebetulan, warga Kepulauan Karimunjawa dari berbagai pulau kecil sedang berada di Pulau Karimun Besar. Mereka sedang mengikuti vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Dwi Riyanto mengatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, napas perekonomian masyarakat Karimun Jawa yang bertumpu pada sektor pariwisata lumpuh total selama pandemi ini. Sebab, akses masuk ke pulau itu sangat terbatas.

Kondisi diperparah degan adanya aturan pembatasan-pembatasan yang mengakibatkan Karimunjawa nyaris terisolir dan menjalani hidup dengan penuh kesulitan.

“Ini bantuan dari pemerintah untuk warga yang belum mendapatkan bantuan lain. Sekarang juga langsung dibagikan kepada warga. Kalau memang belum cukup, nanti akan ditambah kalau ada lagi,” kata Dwi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...