Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kabar Duka, Raja Keraton Mangkunegaraan KGPAA Mangkunagoro IX Wafat

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro IX (puromangkunegaran.com)

MURIANEWS, Solo — Kabar duka datang dari keraton Mangkunegaran Solo. Sang raja, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro IX wafat di Jakarta, Jumat (13/8/2021) dini hari.

Berdasarkan informasi, jenazah Mangkunagoro IX rencananya diantar ke Solo melalui jalur darat. Jenazah disemayamkan di Pura Mangkunegaran sore ini dan akan dimakamkan ke Astana Girilayu, Kecamatan Matesih, Karanganyar.

Salah satu keluarga Mangkunagoro IX, Didit, menjelaskan Mangkunagoro IX berpulang pukul 02.50 WIB akan dibawa ke Pura Mangkunegaran. Keluarga, menurutnya, masih dalam proses mempersiapkan layang lelayu dan sedang membahas kapan akan dimakamkan ke Astana Giri Layu.

“Jadi saya masih keluarga. Eyang saya adiknya eyangnya Sri Paduka. Eyang saya ini adiknya Mangkunegoro VII. Dari kecil kami tahu beliau ini ramah, sederhana, dan baik hati,” kata dia seperti dikutip Solopos.com

Kerabat Mangkunegaran, Irawati Kusumorasri, membenarkan mengenai kabar duka berpulangnya Mangkunagoro IX. Jenazah akan dimakamkan ke Astana Giri Layu.

Dikutip dari laman puromangkunegaran.com, Mangkunagoro IX dilahirkan di Solo pada tanggal 18 Agustus 1951. Dia adalah putra laki-laki kedua dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunagoro VIII dan Raden Ajeng Sunituti atau Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro VIII. Pada masa remaja, Mangkunagoro IX bernama Gusti Pangeran Haryo Sudjiwo Kusumo.

Mangkunagoro IX menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di Kota Solo.

Setelah Mangkunagoro VIII wafat tanggal 2 Agustus tahun 1987, kurang lebih satu tahun Pura Mangkunegaran tidak memiliki penguasa. Bertepatan tanggal 4 madilakhir 1920 atau 24 Januari 1988, GPH Sudjiwo Kusumo dinobatkan menjadi penguasa Mangkunegaran dengan gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunagoro IX.

 

Penulis: Supriyadi
Editir: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...