Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BRI Resmi Jadi Sponsor, Liga 1 Dipastikan Tanpa Penonton

BRI akhirnya resmi diumumkan sebagai sponsor Liga 1 Indonesia. (Twitter.com)

MURIANEWS, Jakarta- Kompetisi Sepakbola Indonesia dipastikan akan disponsori oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Lembaga perbankan plat merah ini akan menjadi sponsor Liga 1 musim 2021-2022.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Irawan atau Iwan Bule menyampaikan hal ini dalam konfrensi pers secara daring, pada Kamis (12/8/2021). Dalam kesempatan ini, Iwan Bule juga didampingi Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Direktur Utama BRI, Sunarso selaku sponsor ship.

Dengan diresmikannya BRI sebagai sponsor utama kompetisi, maka kompetisi sepak bola Indonesia akan diberi nama BRI Liga 1. Iwan Bule mengungkapkan selama 1,5 tahun, pihaknya bersama PT LIB, Menpora, Satgas Covid-19, BNPB dan Polri menegosiasikan kompetisi ini.

Berbagai rencana sebelumnya sudah disusun, untuk mengatasi masalah pandemic covid-19. Namun, kondisi yang terjadi terkait Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir membuat segala rencana harus kembali dikaji, sampai akhirnya disepakati digulirkannya kembali kompetisi Liga 1.

“Alhamdulillah kepastian sudah muncul. Insya Allah, Jumat 27 Agustus BRI Liga 1 akan dimulai. Terima kasih BRI yang jadi sponsor kami,” ujar Iwan Bule, Kamis (12/8/2021) petang.

Meski sudah menetapkan tanggal kick off, namun sampai saat ini belum dipastikan dimana pertandingan pertama akan digelar. PSSI dan LIB belum bisa memutuskan tempat kick off, karena masih akan menunggu wilayah yang memungkinkan, terkait status covid-19.

Rekomendasi dari Pori dan BNPB, kick off harus digelar di daerah dengan zona hijau. Untuk ini, PSSI masih akan menunggu sampai perkembangan terakhir, dan melihat daerah mana yang memungkinkan.

“Kami akan ikuti apa yang dibuat pemerintah karena kami mendukung berkaitan dengan upaya pemerintah untuk penyelesaian pandemi Covid-19 ini. Izin keramaian sudah disampaikan dari Asops Kapolri ke kami kemarin. Tapi kami diminta supaya jangan tanggal 20 Agustus, tapi 27 Agustus karena akan ada PPKM kedua. Saya ingin federasi dan pemerintah bekerja sama untuk ini,” jelasnya.

Kompetisi BRI Liga 1 2021 dipastikan akan digelar tanpa penonton mulai dari kick off pada 27 Agustus sampai selesai yang diperkirakan pada Maret 2022 mendatang. Format pertandingannya juga akan menyesuaikan dengan ketentuan protokol kesehatan.

Sementara itu, Dirut PT LIB, Hadian Lukita, memastikan gelaran Liga 1 2021 akan disesuaikan dengan beragam aturan. Namun jumlah pertandingan akan tetap sama seperti musim-musim sebelumnya yakni 306 laga dari 18 klub peserta.

“Bedanya pada sistem. Tidak mungkin ada laga home and away seperti biasa, tapi kami akan menggelar di dalam cluster atau semi bubble to bubble dalam tiga kluster di Pulau Jawa dengan setiap pertandingan disiarkan langsung,” ujarnya, dalam kesempatan yang sama.

“Penerapan prokes ketat di BRI Liga 1, bukan cuma fokus pada masalah kesehatan. Namun bergulirnya kompetisi ini juga diharapkan bisa membantu pemerintah untuk kampanye prokes ketat dan vaksinasi, dengan tetap menjunjung persaingan ketat dan fairplay supaya bisa menjadi hiburan yang berkualitas,” jelasnya lagi.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...