Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mau Ambil Pipa Jatuh ke Sumur, Warga Gunungpati Meninggal Keracunan Gas

Proses evakuasi korban yang dilakukan Tim SAR gabungan, Kamis (12/8/2021). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Peristiwa memilukan terjadi di wilayah RT 02 RW 02 Kelurahan Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Kamis (12/8/2021). Di mana, seorang warga setempat bernama Ngatno (46), diketahui meninggal di dalam sumur milik tetangganya.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan, sekitar pukul 11.15 WIB, korban sedang memperbaiki pompa air milik tetangganya. Tidak lama kemudian, ada pipa paralon yang jatuh ke dalam sumur.

Selanjutnya, korban turun ke dalam sumur menggunakan tangga untuk mengambil pipa tersebut. Saat turun sampai kedalaman tujuh meter, korban berteriak lantaran mencium bau gas. Korban kemudian mencoba naik ke atas dan mengurungkan niatnya mengambil pipa.

“Namun, belum sampai ke atas, korban jatuh ke dalam sumur. Diduga korban menghirup gas beracun sehingga tubuhnya tidak kuat dan jatuh ke dalam sumur dengan kedalaman mencapai 15 meter dan lebar diameter sekitar 80 sentimeter itu,” ungkapnya dalam siara pers tertulis Basarnas.

Dengan informasi tersebut, pihaknya kemudian memberangkatkan satuan tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai alat vertikal dan dilengkap tabung Self Contain Breating Apparatus (SCBA). Upaya pertolongan dengan metode lowering 1, yakni rescuer turun dengan tali dilengkapi tabung SCBA untuk mengikat tubuh korban. Selanjutnya korban ditarik dengan sistem lifting.

Setelah melakukan upaya beberapa jam, tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia.  Setelah dievakuasi, jenazah korban selanjutnya dibawa kepada pihak kelurga.

“Dengan berhasilnya evakusi maka operasi pertolongan dinyatakan selesai dan tim yang terlibat kembali kesatunnya masing- masing. Dalam kegiatan tadi, tim SAR Semarang juga mendapat dukungan dari personel BPBD,  pemadam kebakaran, Polsek, SARDA, Sriti, Bankom,” tutupnya.

Reporter: Dani Agus
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...