Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Rumah Kosong di Gajahan Diamuk Si Jago Merah, Lima Mobil Damkar Dikerahkan

Petugas memadamkan api yang membakar rumah kosong di Gajahan, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (12/8/2021). (Istimewa-dok. Polsek Pasar Kliwon)

MURIANEWS, Solo — Sebuah rumah kosong di wilayah Jalan Reksoniten, Gajahan, Pasar Kliwon, Solo, terbakar, Kamis (12/8/2021) siang. Besarnya kobaran api membuat pemadam kebakaran kota setempat menerjunkan lima unit mobil pemadam.

Hal itu dikarenakan rumah yang terbakar rumah kosong dan sudah tidak layak huni. Akibatnya, api dapat menjalar dengan cepat karena rumah mayoritas dari kayu dan berisi buku-buku lama.

Kapolsek Pasar Kliwon AKP Achmad Riedwan Prevoost mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari api sisa-sisa pembakaran sampah.

Dugaan tersebut setelah seorang warga sekitar lokasi kejadian berinisal BM (51), membakar sampah di depan rumah kosong milik warga Karanganyar tersebut. Saat membakar sampah, BM yang berstatus sebagai saksi turut membakar sampah elektronik berupa TV.

“Jadi setelah BM ini membersihkan rumah milik warga, membawa sampah ke depan rumah kosong. Sampah itu ada sampah rongsokan TV. Saat sampah sudah terbakar semua, saksi ini sempat memadamkan sisa pembakaran sampah,” jelasnya seperti dikutip Solopos.com

Ia menambahkan setelah memastikan sampah yang dibakar padam, saksi pergi ke wilayah Baluwarti karena ada keperluan. Namun, selang beberapa saat ia ditelepon istrinya yang memberitahukan rumah kosong tempat membakar sampah terbakar.

“Saat membakar sampah, saksi menunggui sampai padam. Lalu saksi juga menyemprotkan air di sampah itu,” papar dia.

Ia menambahkan karena merasa panik, istri saksi menuju pos pemadam kebakaran di wilayah Alkid, Pasar Kliwon. Selang beberapa saat BM kembali dari wilayah Baluwarti, pemadam kebakaran sudah berada di lokasi.

“Jarak sampah padam dengan rumah terbakar sekitar 20 menit. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini,” imbuh dia.

Kapolsek menyebut kerugian kebakaran rumah belum bisa diprediksi. Hal itu dikarenakan rumah yang terbakar rumah kosong dan sudah tidak layak huni. Api dapat menjalar cepat karena rumah mayoritas dari kayu dan rumah berisi buku-buku lama.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...