Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hasil Tes VO2 Max Atlet PTM Sukun Lebihi Target, Pelatih Fisik Puas

Para Atlet PTM Sukun menjalani tes VO2 Max. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 12 atlet Persatuan Tenis Meja (PTM) Sukun mengikuti tes VO2 max, Rabu (11/8/2021) di GOR Sukun Sport Center . Dari hasil tes VO2 max itu, keseluruhan atlet diketahui mampu melebihi yang diharapkan.

Sebanyak 12 atlet yang dites VO2 max itu teridiri dari atlet usia 10 hingga 12 tahun. Tes VO2 max yang digelar itu merupakan yang ke empat kalinya dilakukan. Sebelumnya, test yang sama juga sudah dilakukan di Agustus 2020, kemudian dilanjutkan Oktober 2020 dan awal 2021 sebelum puasa.

“Saya melihatnya ada kenaikan VO2 max di masing-masing atlet. Atlet SD yang saya target di level tujuh, tetapi bisa mencapai level delapan. Kemudian atlet SMP saya target di level tujuh dia bisa level delapan. Kemudian atlet SMA saya target di level delapan, bisa mencapai level sembilan,” kata Pelatih Fisik PTM Sukun, Frengki Setyo, Kamis (12/8/2021).

Bahkan, yang cukup mengejutkan, beberapa atlet SMP dan SMA, diketahui mampu mencapai level 11. Secara keseluruhan, pihaknya mendapatkan adanya peningkatan dibanding test VO2 max sebelumnya.

“Progresnya naik karena latihan fisik atlet teratur dan berjenjang. Sehingga hasilnya kemarin bisa melebihi target. Saya puas,” ujarnya.

Pengukuran VO2 max yang dilakukan pada test terakhir, dilakukan dengan metode beep test dengan lari sejauh 2,4 Kilometer. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui kondisi para atlet terkait ketahanan fisik mereka.

“Hasilnya akan digunakan dalam menyusun program, dalam latihan atau bertanding. Ketika oksigen yang berhasil diserap paru-paru lebih banyak, maka atlet akan memiliki edurance dan kekuatan lebih baik,” jelasnya.

Sejauh ini, Frengki mengaku cukup puas dengan perkembangan yang ditunjukan para atletnya. Pihaknya berharap, pencapaian ini akan semakin membuat mereka bisa semakin berkembang dalam kemampuannya.

Foto: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.