Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Usulkan 24 Pelaku Ajakan Penjarahan di Blora Direhabilitasi

Salah satu pelaku penyebar selebaran provokasi di Blora membacakan surat permintaan maaf di Polres Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Sebanyak 24 pelaku penyebar selebaran ajakan melakukan kekerasan dan penjarahan di Blora yang ditangkap polisi kini telah dibebaskan. Bupati Blora Arief Rohman menginginkan mereka untuk direhabilitasi.

Ini dilakukan lantaran para pelaku dianggap mempunyai pemahaman yang menyimpang. Salah satunya pemahaman jika semua aset negara dan usaha milik swasta dan etnis tertentu merupakan milik nenek moyang, dan harus diminta lagi dengan melakukan penjarahan.

“Karena paham yang salah, dan (mereka) belum sampai melakukan tindak kejahatan. Maka kita usulkan untuk dilakukan rehabilitasi,“ katanya, Kamis (12/8/2021).

Ke depan pihaknya akan terus lakukan pembinaan, pendampingan agar mereka setia pada NKRI dan menjadi agen pendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan dan dalam upaya penanganan Covid-19.

“Mari kita bangun keamanan dan kondusifitas di Kabupaten Blora, dan semoga pandemi segera berlalu,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama menyebut, berdasarkan hasil pemeriksaan, pembuatan selebaran ini dilakukan secara spontan dan tidak direncanakan jauh-jauh hari.

“Maka setelah mendapatkan pembinaan, ke-24 orang ini kami perbolehkan pulang dengan syarat tetap wajib lapor ke kantor polisi terdekat. Kami berharap para pelaku ini tidak mengulangi lagi perbuatannya,” terangnya.

Baca: Mau Minta Maaf, Pelaku Penyebar Selebaran Ajakan Penjarahan di Blora Dibebaskan dan Diberi Sembako

Sementara dua otak aksi tersebut yakni Samijo dan Rohmat mewakili seluruh pelaku membacakan pernyataan maafnya kepada Presiden, Kapolri, TNI dan seluruh jajaran hingga tingkat Kabupaten karena telah menimbulkan keresahan.

“Kejadian ini terjadi akibat kesalahan dan kebodohan kami. Terimakasih kepada Bapak-Bapak aparat yang telah memberikan pembinaan dan menyadarkan kami,” ucapnya.

 

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...