Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jokowi Beri Penghargaan Pada Pendiri Pura Group, Jacobus Busono

Pemilik, Pendiri sekaligus Chairman Pura Group, Dr. (H.C.) Jacobus Busono saat menerima penghargaan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden Joko Widodo. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda jasa dan tanda kehormatan Bintang Mahapuetera Nararya pada Pendiri, Pemilik dan Chairman Pura Group, Jacobus Busono. Penghargaan serupa juga diberikan pada Anggota Komisi Yudisial 2015-2020, Maradaman Harahap.

Jacobus menerima penghargaan itu bersama sejumlah tokoh lainnya itu di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/8/2021). Tanda kehormatan itu diberikan pada para tokoh karena telah berjasa pada bangsa dan negara.

Dalam siaran pers tertulis dari Biro Pers Kepresidenan menyebutkan penganugerahan ini, terdapat 13 perwakilan penerima tanda kehormatan yang hadir secara fisik di Istana Negara, Jakarta. Perwakilan tersebut terdiri dari unsur mantan pejabat negara, pengusaha, ilmuwan, WNI (warga negara Indonesia), WNA (warga negara asing), para tenaga medis, dan para tenaga kesehatan.

Penganugerahaan ini terdiri atas Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya. Pemberian penghargaan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76, 77, dan 78 TK/TH 2021 tertanggal 4 Agustus 2021.

Tanda kehormatan Bintang Mahaputera terbagi tiga; yakni Bintang Mahaputera Adipradana, Bintang Mahaputera Utama, dan Bintang Mahaputera Nararya.

Ada pun, daftar penerima tanda kehormatan tersebut diberikan pada, Almarhum Artidjo Alkostar (Hakim Mahkamah Agung 2009-2018) dan Almarhum I Gede Ardhika (Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2000-2004). Keduanya dianuergai Bintang Mahaputera Adipradana.

Kemudian, Bintang Mahaputera Utama diberikan pada Ketua Komisi Ombudsman Nasional 2000-2011, Antonius Sujata. Penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma diberikan seniman dan pemelihara warisan budaya Jawa, Almarhum RT Kusumokesowo.

Selanjutnya, penghargaan Bintang Jasa Utama diberikan pada Rusdi Sufi (akademisi dan pemelihara warisan sejarah dan budaya Aceh), Goldammer Johan George Andreas (Direktur Global Fire Monitoring Center, ilmuwan asal Jerman), Ishadi Sutopo Kartosaputro (Komisaris Transmedia) dan Eurico Guterres (Ketua Umum Uni Timor Aswa’in dan Forum Komunikasi Pejuang Timor Timur).

Jokowi juga memberikan penghargaan pada almarhum dr Adnan Ibrahim dan Ngadiah sebagai penerima Bintang Jasa Pratama, serta almarhum Soehendro sebagai penerima Bintang Jasa Nararya.

Selain itu, Jokowi juga memberikan tanda jasa kepada 325 tenaga kesehatan yang gugur saat menangani pasien Covid-19. Sebanyak 258 menerima penghargaan Bintang Jasa Pratama dan 67 nakes mendapatkan penghargaan Bintang Jasa Nararya.

Secara lebih rinci, tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dianugerahkan kepada 4 penerima, Bintang Jasa Pratama kepada 258 penerima, dengan rincian profesi dokter sebanyak 105 penerima dan profesi perawat/tenaga kesehatan sebanyak 153 penerima.

Sementara itu, Bintang Jasa Nararya dianugerahkan kepada 67 penerima dengan rincian profesi dokter sebanyak 9 penerima dan profesi perawat/tenaga kesehatan sebanyak 58 penerima.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...