Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Perekaman E-KTP Kudus Sudah 98 Persen, Masih Tersisa 11 Ribuan Warga

Sekretaris Disdukcapil Kudus Putut Winarno menunjukkan E-KTP. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus mencatat proses perekaman E-KTP di Kota Kretek sudah menyentuh angka 98,23 persen, atau 628.795 orang.

Sekretaris Disdukcapil Kudus Putut Winarno mengatakan, target jumlah penduduk yang wajib memiliki E-KTP di Kudus ada sebanyak sebanyak 640.107 orang. Jumlah tersebut, lanjut dia, berdasarkan rekap yang dilakukannya pada Senin, (9/8/2021).

“Jumlah penduduk di Kudus itu ada 866.548 orang, tapi yang wajib KTP ada 640.107 orang dan yang sudah rekam 628.795 orang. Jadi yang kurang dan belum melakukan perekaman ada 11.312 orang atau 1,77 persen,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Menurutnya, kesadaran warga melakukan perekaman E-KTP di Kudus sudah cukup baik. Namun, memang masih ada beberapa persen yang belum disasar, yang dimungkinkan manula, ataupun penduduk tersebut telah pindah domisili di kabupaten lain.

Pihaknya akan berupaya melakukan sejumlah upaya agar target perekaman E-KTP bisa berjalan maksimal di Kudus. Salah satu upayanya yakni dengan mengirimkan surat ke masing-masing desa dengan daftar nama yang belum melakukan E-KTP.

“Nah nanti jika ada manula atau warga yang sakit terkendala mengurus E-KTP, kami siap untuk menjemput bola,” ucapnya.

Selain itu, ketika sekolah sudah mulai tatap muka kembali, pihaknya juga akan datang ke sejumlah sekolahan untuk mendata serta melakukan perekaman kepada pelajaran yang sudah wajib E-KTP.

“Nanti akan kami perbanyak lagi sasaran ke sekolahan, bukan hanya yang sudah berusia 17 tahun saja. Yang masih 16 tahun beranjak ke 17 tahun juga akan kami lakukan perekaman. Jadi ketika nanti usianya sudah tepat 17 tahun, tinggal membawa kartu keluarga saja untuk cetak KTP,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...