Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kapal Pengisian Bahan Bakar Tenggelam di Perairan Banyutowo Pati, Tujuh ABK Diselamatkan Nelayan

Kapal Pengisian baham bakar mulai tenggelam, lantaran belum bisa dievakuasi. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kapal pengisian bahan bakar, yakni SPOB AANS, tenggelam di perairan Banyutowo, Pati. Beruntung, tujuh Anak Buah Kapal (ABK) berhasil diselamatkan oleh nelayan setempat.

Kasatpol Airud Polres Pati Iptu Sutamto mengatakan, proses tenggelamnya kapal itu sudah berlangsung sejak Minggu (8/8/2021) sekitar pukul 13.00 WIB. Kapal tersebut semula dari Semarang hendak melakukan pengisian bahan bakar di Pelabuhan Juwana, melalui Perairan Jepara.

Namun, sesampainya di perairan Banyutowo, tepatnya di sekitaran Desa Slempung, Kecamatan Dukuhseti, Pati, secara tiba-tiba terjadi ombak besar. Kebetulan juga, pada saat itu mesin kapal langsung mati.

“Sehingga kapal kemudian kandas. Sebagian badan kapal sudah mulai tenggelam, tetapi yang bagian atas masih mengambang,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Dia menyebut, pada saat kejadian terdapat tujuh ABK di kapal itu. Semuanya berhasil diselamatkan oleh nelayan setempat. Saat ini semua ABK berada di Markas Tim SAR Tunggul Wulung Banyutowo.

“Tidak ada korban jiwa. Semuanya selamat, karena lokasi kejadian tidak terlalu jauh dari tempat nelayan cukrik mencari ikan,” ujarnya.

Tamto mengaku, untuk evakuasi hingga saat ini masih sulit dilakukan. Sebab masih terkendala cuaca dan ombak yang besar.

“Anggota kami tetap ada yang berjaga di lokasi. Nanti kalau cuaca sudah bersahabat, evakuasi kami lanjutkan,” terangnya.

Pihaknya khawatir apabila minyak yang ada di kapal tersebut mengalami kebocoran. Sebab, puluhan ribu liter solar yang diangkut kapal itu.

“Kalau bocor malah bahaya, terjadi pencemaran laut nanti. Semoga baik-baik saja lah,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...