Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ditarget Rampung Pertengahan Agustus, 1.553 Nakes RSUP Kariadi Selesai Divaksin Booster

Tenaga kesehatan (nakes) menyuntikkan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Semarang – RSUP dr Kariadi Semarang mencatat sudah ada 1.553 tenaga kesehatan (nakes) yang sudah melakukan vaksin booster. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang terhitung hingga Sabtu (7/8/2021) lalu.

Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang RSUP Kariadi Semarang, dr Agus Oerip Poerwoko mengatakan, vaksin tahap ketiga untuk nakes ini ditargetkan bisa selesai pada minggu kedua bulan Agustus.

“Jadi, sampai dengan Sabtu (7/8/2021) kemarin sudah ada 1.533 nakes yang divaksin. Jumlah ini akan terus bertambah mengingat proses vaksinasi masih berlangsung,” katanya seperti dikutip RMOLJateng.com, Senin (9/8/2021).

Agus menyebutkan, suntikan ketiga ini sudah dimulai sejak 3 Agustus lalu. Vaksin ini menyasar pula semua pegawai kesehatan yang rentan terpapar virus Covid-19, seperti ahli gizi, bidan, pegawai farmasi, hingga tenaga gizi.

“Jadi jangan diartikan hanya tenaga kesehatan dokter atau perawat saja, tapi termasuk yang membantu memberikan pelayanan di RS juga mendapatkan vaksinasi ini. Total ada 5.400-an,” bebernya.

Untuk pelaksanaan penyuntikan vaksin booster sendiri, lanjutnya, dilakukan bersamaan dengan pelayanan vaksinasi umum.

“Kalau hari kerja kami juga memberikan vaksinasi untuk masyarakat umum, vaksinasi kedua dan juga vaksinasi ketiga untuk nakes. Kemudian untuk hari Sabtu Minggu khusus untuk nakes. Jadi untuk hari kerja itu kombinasi vaksinasi kedua masyarakat umum dan nakes,” ungkapnya.

Pemberian vaksin booster yang memang menjadi program pemerintah pusat untuk melindungi tenaga kesehatan yang sering bersinggungan langsung dengan pasien Covid-19. Dengan booster ini diharapkan kekebalan para nakes lebih meningkat.

“Jadi nakes itu kan harus melayani pasiennya sendiri. Kalo nakesnya sampai terkena otomatis kan pelayanannya kepada pasien covid menjadi berkurang. Sehingga memang upaya pemerintah sementara ini atau kebijakannya vaksinasi ketiga diberikan kepada nakes, karena memang mereka resiko terpaparnya dan juga harus melayani pasien-pasien covid,” paparnya.

Di tahap awal program ini, RSUP Kariadi sudah menerima sebanyak 4.060 dosis vaksin Moderna. Manajemen sudah mengusulkan pemerintah pusat untuk memasok lagi vaksin Moderna sesuai jumlah kebutuhan nakes yang ada.

“Sisanya menyusul, sudah kita mintakan ke kementerian,” tandasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: RMOLJateng.com

Comments
Loading...