Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

INFO KAMPUS

Lima Mahasiswa Unnes Sukses Ciptakan Cairan Penghilang Bau Kaki

Foot sanitizer spray yang berfungsi untuk penghilang bau kaki buatan lima mahasiswa Unnes. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Bau kaki merupakan permasalahan yang sangat mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri pada masyarakat. Dari permasalahan yang muncul itu, lima mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuat produk foot sanitizer spray penghilang bau kaki.

Lima mahasiswa tersebut terdiri dari tiga mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Leni Sintawati, Rifdah Nur Fitria, Khusana Niati, dan Syahrena Nadya Chaverta serta satu mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Zulkifli Alamsah Sutanto.

Inovasi produk yang mendapat bimbingan dari dosen pendamping Tisa Diwta Hardianti itu  mampu mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristekdikti) dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) 2021.

Ketua tim riset Leni Sintawati mengatakan, penggunaan sabun ataupun bedak yang selama ini digunakan untuk menghilangkan bau kaki dirasa kurang efektif.

“Karena kaki akan lembab ketika kembali tertutup oleh kaos kai atau sepatu. Lalu nantinya pasti akan menghasilkan bau tak sedap lagi pada kaki, jadi sabun antibakteri atau  bedak tabur, ” katanya Sabtu (7/8/2021).

Lima mahasiswa Unnes berhasil membuat foot sanitizer spray penghilang bau kaki. (MURIANEWS/Istimewa)

Foot sanitizer spray, lanjut dua  dibuat memanfaatkan bahan alami biji palem putri. Dengan memanfaatkan senyawa flavonoid dalam biji palem putri. Sehingga tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga akan digunakan.

“Ekstrak etanol biji palem putri mengandung senyawa flavonoid yang berpotensi sebagai antibakteri yang mana memiliki aktivitas terhadap bakteri penyebab bau kaki, sehingga kami memanfaatkannya untuk membuat foot sanitizer spray ini,” ucapnya.

Sementara salah seorang anggota tim Syahrena Nadya Chaverta menyebut, produk yang dibuat bersama timnya tersebut bisa menjadi solusi untuk mengatasi ketidakpercayaan diri akibat bau pada kaki. Apalagi bahannya menggunakan bahan alami yang tidak berbahaya.

“Adanya foot sanitizer dalam bentuk spray ini sangat efektif dalam penggunaanya. Mudah digunakan dan dibawa kemanapun. Jadi tidak perlu khawatir lagi dengan bau kaki,” ungkapnya.

Kini mereka telah memproduksi foot sanitizer spray dalam tiga varian ukuran, mulai 30 ml, 50 ml dan 100 ml. Masyarakat yang berminat bisa membeli langsung di kawasan kampus UNNES Gunung Pati.

Selain itu, juga bisa melalui platform e-commerce dan media sosial, yakni Shopee (foslem_footsanitizer spray), Instagram (@foslem_footsanitizer), Facebook (Foslem FootSanitizer), dan WhatsApp (085745363049).

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...