Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cerita Ekstranya Menjaga Gudang Farmasi di Jepara Agar Kualitas Vaksin Covid Tak Terganggu

Gudang penyimpanan vaksin milik DKK Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kondisi vaksin yang ada di Kabupaten Jepara harus terjaga kualitasnya. Untuk memastikan itu, petugas rela menjaganya di gudang penyimpanan selama 24 jam penuh.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Instalasi Farmasi Kabupaten Jepara, Ikha Rahmawati. Pihaknya tidak berani meninggalkan gudang vaksin dengan alasan penjagaan dan perawatannya mengharuskan dengan cara khusus.

Di gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara itu, vaksin Covid-19 disimpan sebelum disalurkan ke sejumlah fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Kota Ukir.

“Kesibukan kami memang bertambah selama pandemi ini. sebab, obat dan vaksin yang ditangani lebih banyak. Jadi butuh tenaga ekstra,” kata Ikha, Sabtu (7/8/2021).

Ikha mengatakan, salah satu hal yang paling utama dalam perawatan vaksin itu adalah menjaga stabilitas suhu ruangan. Untuk itu, setiap pagi dan sore pihaknya rutin memeriksa suhu ruangan vaksin itu.

Karena rumahnya hanya berjarak beberapa meter dari gudang, Ikha bisa memantau kondisi gudang dengan lebih mudah.

“Kami juga menyiapkan generator untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu listrik padam. Karena suhu ruangan dan boks penyimpanan vaksin harus terjaga. Setiap pagi kita harus mencatat suhu 2 sampai 8 derajat. Jadi pagi sama sore kita catat,” ujar Ikha.

Di ruangan itu, terdapat 14 kotak penyimpanan vaksin. Dua di antaranya khusus untuk vaksin Covid-19.

Terkait dengan pasokan vaksin, Ikha mengungkapkan bahwa alokasi dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah memang tidak menentu. Padahal, di sisi lain kebutuhan di masyarakat tinggi, tetapi stoknya sangat terbatas.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...