Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Wow…La Liga Spanyol Dapat Suntikan Dana 2.700 Juta Euro, Krisis Financial Klub Teratasi

La Liga Spanyol dikabarkan akan mendapatkan suntikan dana segar senilai 2.700 juta Euro. (twitter.com/barcastuff_idn)

MURIANEWS, Madrid- Kabar menggembirakan berhembus di La Liga Spanyol, setelah mereka mencapai kesepakatan berkait dengan suntikan dana segar. Perusahaan Amerika Cvc dikabarkan telah sepakat memberikan suntikan dana segar mencapai 2.700 juta Euro untuk La Liga Spanyol.

Media Spanyol Marca menyebutkan La Liga telah mencapai sebuah perjanjian mengenai suntikan dana hingga 2.700 juta Euro ke kompetisi. Penawaran Perusahaan Amerika Cvc ini secara antusias telah diterima oleh pihak La Liga Spanyol.

Para pemimpin Cvc disebutkan sudah menjelaskan rencana ini, kepada anggota Komisi Delegasi LaLiga pada Rabu (4/8/2021). Delegasi La Liga yang berjumlah 15 orang, semuanya menyetujui tawaran kerjasama ini.

Selanjutnya, rencana yang sudah dibahas akan diteruskan ke Majelis Klub, untuk mendapatkan persetujuan akhir. Rencananya, pembicaraan mengenai hal ini bersama Majelis Klub akan dilaksanakan pada 12 Agustus 2021.

Suntikan dana ini diyakini akan menjadi jalan keluar bagi masalah financial yang terjadi setelah pandemic covid-19 menghantam. Dengan demikian, ancaman kebangkrutan klub seperti yang terjadi di beberapa klub Prancis tidak terjadi.

Dengan angka fantastis ini, jika jadi dikucurkan, maka klub-klub Spanyol juga akan mendapatkan bagiannya. Misalnya, Barcelona akan kemungkinan akan bisa mendapatkan 270 juta euro, jika mereka mau.

Demikian juga dengan Real Madrid yang mungkin bisa mendapatkan 261 juta Euro, atau Atlético de Madrid dimungkinkan mendapat sedikitnya 200 juta Euro. Artinya, dana segar ini bisa digunakan untuk meningkatkan batas gaji mereka. Sebuah angin segar tentu saja.

Marca melakukan analisa, terkait dampak yang muncul menyusul kesepakatan ini. Meski tidak sepenuhnya akan bisa mempengaruhi batasan gaji, namun kesepakatan ini hampir pasti bisa mengatasi persoalan mengenai hal ini.

Bagi Barcelona, hal ini memang belum bisa menjamin mereka bisa mendaftarkan Lionel Messi sepenuhnya. Namun setidaknya hal itu bukan menjadi sesuatu yang mustahil bagi Barcelona.

Jika benar jadi dilaksanakan, Barcelona akan mendapatkan memasukkan sekitar 270 juta Euro. Sehingga setidaknya Barcelona bisa menggunakan 40,5 juta Euro untuk mengurangi beban untuk pembayaran gaji Lionel Messi.

Semua klub di La Liga bisa saja tidak diwajibkan untuk memangkas angka gaji berlebih yang ada. Tetapi klub-klub tidak bisa meningkatkan jumlahnya. Sehingga mereka bisa mendaftarkan pemain sesuah upah yang mereka keluarkan. Situasi ini membuat klub-klub bisa lebih mudah melakukannya.

Marca juga menyebutkan, dana segar yang akan disuntikan ke La Liga Spanyol adalah pinjaman lunak. Pengembaliannya juga cukup panjang, sehingga bisa memberi kesempatan bagi La Liga untuk mengembalikannya.

“Ini adalah pinjaman lunak, artinya bunganya jauh lebih rendah daripada yang dibutuhkan pasar normal, dan juga dengan margin 40 tahun. Tidak ada bank atau dana investasi yang akan membiayai klub sekarang selama lebih dari lima tahun,” jelas Marc Menchen, jurnalis Marca.

Dalam hal ini, klub-klub tentu bisa menolaknya jika memang dirasa membebani mereka. Majelis Klub yang akan membahas hal ini akan memilih sika papa yang harus diambil.

Klub yang tidak setuju, tentu saja akan menanggung konsekuensi tidak akan mendapatkan kucuran dana. Meski demikian, klub yang tidak setuju masih bisa mendapatka keuntungan tertentu dari penyelenggaran La Liga Spanyol.

Cvc Amerika menawarkan bantuan dana segar ini dengan kompensasi, mereka akan berperan sebagai agen eksternal untuk upaya peningkatan aktivitas komersial La Liga Spanyol. Kemudian juga aliansi strategis, penjualan sponsor, ruang tematik, dan bisnis TV.

Dari analisa dan proyeksi yang dilakukan, La Liga diperkirakan bisa menghasilkan 24.240 juta Euro dalam kurun waktu 40 tahun mendatang. Dana sebesar 2.700 juta itu merupakan bentuk partisipasi 10 persen yang diberikan dalam bisnis komersial dan sebagai saham mereka untuk bisa ikut mendapat keuntungan dari La Liga Spanyol.

“Dari rencana yang sudah diketahui, 90% dari 2.700 juta ini akan didistribusikan kepada masing-masing klub. Lalu ada 100 juta lagi yang akan didistribusikan kepada RFEF dan CSD untuk sepak bola wanita dan non-profesional,” tambah Marc Menchen.

Selanjutnya dana yang diterima klub juga tidak boleh hanya digunakan untuk mengurusi masalah pemain saja. Namun juga harus diarahkan untuk perbaikan stadion, kota olahraga, pengembangan merek internasional, komunikasi, inovasi, teknologi dan data dan rencana pengembangan konten di platform digital dan jejaring sosial.

Cvc sendiri merupakan perusahaan investasi yang paling mengenal industri olahraga berskala internasional. Perusahaan ini juga telah menjadi pemegang saham di MotoGP dan Formula 1 dalam periode ekspansi global terbesar mereka.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Marca

Comments
Loading...