Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Kudus Habiskan Rp 4,8 Miliar untuk Bangun Gedung Fraksi DPRD

Sejumlah alat berat terparkir di area DPRD Kudus untuk membangun gedung fraksi. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tengah membangunkan gedung fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus. Anggaran yang dikeluarkan untuk membangun gedung itu sebesar Rp 4,82 miliar.

Bangunan empat lantai tersebut pun kini tengah digarap CV Simpatik Karya Mandiri dengan konsultan pengawasnya dari CV Weganda Sricahya. Pembangunannya akan berlangsung selama 150 hari kalender yang dimulai 12 Juli 2021 dan berakhir 10 Desember 2021.

Sekretaris DPRD Kudus Jadmiko Muhardi Setiyanto menyebut, pembangunan gedung fraksi tersebut baru kali pertama ini dilakukan, sejak tahun 1999.

“Saat itu kan baru ada tiga partai politik, sekarang tambah banyak fraksinya juga banyak, dan ruangan yang bisa menampung semua fraksi sampai saat ini belum ada,” kata dia, Kamis (5/8/2021).

Selama ini kata dia, ruangan yang disediakan untuk fraksi adalah dengan memanfaatkan tiga ruang fraksi yang ada. Kemudian diberi penyekat menjadi lima ruang.

Sementara kekurangannya menggunakan rumah dinas yang masih berada dalam satu kompleks di DPRD Kudus.

“Saat ini kan ada tujuh fraksi, selama ini kami maksimalkan sedemikian rupa ruangan yang ada,” kata dia.

Karena kondisi tersebutlah yang kemudian membuat pimpinan DPRD menginginkan adanya gedung fraksi yang lebih representatif. Sehingga diusulkan adanya pembangunan dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp 13 miliar.

Usulan tersebut, lanjut Jadmiko, sudah dimulai sejak tahun 2020 kemarin. Namun karena keterbatasan anggaran, akhirnya Pemkab hanya menganggarkan Rp 6 miliar lewat APBD murni. Untuk gedungnya saja diberi alokasi Rp 5,7 miliar. Namun pemenang lelangnya ada di angka Rp 4,82 miliar.

“Itu baru bangunannya saja, untuk penyediaan interior ruangan dan fasilitas penunjang lainnya kami menunggu penganggaran selanjutnya,” tandasnya.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...