Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Suntik Vaksin ke Nelayan, TPI Pati Disulap Jadi Tempat Vaksinasi Merdeka Candi

Nakes menyuntikkan vaksin Covid-19 ke nelayan di Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit 2 Juwana yang sedianya digunakan untuk melelang ikan hasil tangkapan nelayan, disulap menjadi tempat vaksinasi, Kamis (5/8/2021). Di dalamnya, tidak ada para bakul atau pembeli ikan, melainkan hanya ada tenaga kesehatan (nakes) yang siap memberikan suntikan dosis vaksin Covid-19.

Kegiatan itu ternyata digelar oleh jajaran Polres Pati dalam rangka progam Vaksinasi Merdeka Candi. Dalam progam kali ini petugas kepolisian menyasar pada masyarakat pesisir pantai khususnya bagi para nelayan.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, nelayan menjadi pilihan utama lantaran jangkauan mobilitasnya begitu luas. Nelayan Pati, katanya, bisa melaut hingga ke Papua.

“Hal itu tentu membuat mereka berinteraksi dengan masyarakat cukup banyak. Dengan vaksinasi diharapkan bisa memberikan perlindungan bagi merela terhadap Covid-19,” ujarnya.

Tak hanya itu, nelayan pesisir dari pendataan juga masih perlu ditingkatkan dalam hal vasinasinya. Hal itu lantaran banyak nelayan yang harus berlayar sehingga jarang berada di rumah.

“Oleh karenanya saat pulang ini kami maksimalkan untuk vaksinasi. Baik untuk nelayan maupun keluarganya,” katanya.

Vaksinasi Merdeka Candi sendiri digelar sebagai peringatan menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan vaksinasi ini diharapkan dapat membentuk herd immunity dalam menghadapi ancaman pandemi Covid-19.

“Ini juga dalam rangka mempercepat kesehatan masyarakat. Kami akan terus bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah terutama dalam nenumbuhkan kesehatan dan ekonomi masyarakat, ” Imbuhnya.

Progam vaksinasi ini menargetkan 4.000 orang setiap harinya hingga Senin (16/8/2021) mendatang. Sehingga untuk Pati sendiri ditargetkan sedikitnya ada 36 ribu warga yang divaksinasi.

Selain menyasar nelayan, ke depan Polres Pati juga akan menargetkan komunitas lain. Seperti pelaku ojek online maupun santri pondok pesantren.

“Kami juga melibatkan 350 personel serta 200 vaksinator,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: S Budi Santoso

Comments
Loading...