Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sempat Sengat Anak Kecil, Sarang Tawon Vespa Sebesar Kepala Kerbau di Ploso Kudus Dievakuasi

Petugas Pemadam Satpol PP bersiap mengevakuasi sarang tawon vespa di Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Keberadaan tawon ndas atau lebah Vespa Affinis meneror warga di desa Ploso, RT 2 RW 1, Kecamatan Jati, Kudus. Bahkan tawon itu sempat menyengat anak kecil yang tengah bermain.

Tawon yang bersarang di atap rumah warga itu pun langsung dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran dari Satpol PP Kudus.

“Kami lakukan evakuasi sarang tawon jam 8 pagi tadi, setelah adanya laporan dari Kades setempat adanya sarang tawon yang mengganggu,” kata Komandan Regu Satu Damkar Satpol PP Kudus Noor Kayin, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, saat evakuasi tawon tersebut sama sekali tak mengalami masalah dan berjalan lancar. Sebelum diambil sarang tawon tersebut disemprot menggunakan obat pembasmi serangga.

“Anggota kami pakai APD agar aman, dan kami semprot dengan Baygon. Setelah itu kami ambil sarangnya dan ditaruh di karung agar lebih aman. Ada delapan personel yang ikut dalam evakuasi sarang tawon tadi,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Ploso Masud menjelaskan, keberadaan sarang tawon tersebut sudah cukup lama. Salah seseorang anak berusia empat tahun yang tengah bermain sempat tersengat tawon yang bersarang di atap rumah.

“Itu ada di rumahnya Bu Diah, sarang tawonnya sebesar kepala kerbau, lalu saya laporkan ke pemadam.  Ada satu korban anak sempat tersengat, dan demam sekitar sebulan lalu. Tapi saat ini kondisinya sudah membaik dan sehat,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...