Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Instruksi ASN Kudus Larisi Pedagang Kecil Diharap Tak Hanya Sekadar Imbauan

Pedagang daging ayam berjualan di Pasar Bitingan Kudus belum lama ini. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus membuat gerakan ASN untuk berbelanja di pedagang kecil. Bupati pun mengeluarkan surat edaran (SE) nomor 360/1657/04.03/2021 untuk mendukung gerakan ini.

Dalam SE tertanggal 4 Agustus 2021 itu, tertera imbauan dari bupati Kudus agar ASN berbelanja di pedagang tradisional, untuk membantu pedagang kecil yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Tak hanya ASN, pegawai BUMD/BUMN, kades dan perangkat desa juga diimbau untuk melarisi atau membeli dagangan usaha mikro dan kecil.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kabupaten Kudus Sulistiyanto mengaku mengapresiasi hal ini.

Meski demikian ia berharap agar SE itu tak hanya sekadar imbauan saja. Pihaknya akan melihat apakah ASN nantinya taat untuk berbelanja di pasar tradisional atau tidak.

Baca: Bupati Kudus Instruksikan Seluruh ASN hingga Kades Larisi Dagangan Pedagang Kecil

Pasalnya, menurut Sulistiyanto situasi pedagang kecil seperti pedagang kaki lima (PKL) dan pedagang di pasar tradisional sedang dalam kondisi sulit.

“Saya selaku Ketua APPSI Kudus berterima kasih kepada pak bupati. Tetapi kami mohon agar di-follow up menjadi diwajibkan. Sehingga tidak sekadar imbauan,” katanya, Kamis (5/8/2021).

Sulistiyanto berpendapat jika hanya sebatas imbauan, artinya boleh dilakukan boleh tidak. Hal ini dirasa dapat dijadikan celah bagi ASN memiliki pilihan untuk tidak berbelanja di pedagang kecil. Pihaknya menilai ASN saat ini masih lebih senang untuk berbelanja di pasar modern.

“Supaya benar-benar bisa membantu kami, saya ingin agar diwajibkan. Jadi tidak hanya sekadar imbauan. Tetapi saya mengapresiasi langkah pak bupati atas keluarnya SE ini,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...