Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri, Alasannya Kesal Tak Segera Dibawa Berobat ke RSJ

Kondisi rumah di Kampung Sarigunan, Sragen Wetan, Sragen, yang dibakar oleh Iyan, 30, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Rabu (4/8/2021). (Istimewa/Polsek Sragen)

MURIANEWS, Sragen — Warga Kampung Sarigunan, Kecamatan Sragen Wetan dibuat gempar dengan aksi nekat Iyan (30). Pasalnya, warga RT 34 RW 11 itu nekat membakar rumah sendiri, Rabu (4/8/2021).

Iyan yang diketahui mengalami gangguan jiwa itu diduga kesal karena permintaannya untuk berobat ke RSJD Solo tak segera dituruti pihak keluarga.

Dikutip Solopos.com, awalnya Iyan tampak kebingungan di rumah sekitar pukul 11.30 WIB. Kepada ibunya, Tutik, Iyan meminta dibawa berobat ke RSJD Solo.

Namun, ibunya menolak permintaan itu dengan alasan kontrol ke RSJD Solo sudah dijadwalkan pada Jumat (6/8/2021).

Kesal permintaannya tidak dituruti, ODGJ asal Sragen itu mengambil korek api dan bakar dipan dan kasur di rumah. Api itu membakar tempat tidur dan menjalar ke dinding.

Warga sekitar yang mengetahui kebakaran tersebut berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Mereka juga meminta tolong petugas dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol dan Damkar).

Sepuluh menit kemudian, pertolongan yang diharapkan datang. Berkat kesigapan petugas damkar, kobaran api bisa dipadamkan.

“Setelah berkoordinasi dengan Puskesmas Kota Sragen, Iyan akhirnya dirujuk ke RSJD Solo untuk penanganan lebih lanjut,” jelas Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Suwarso.

Akibat kebakaran itu, Tutik mengalami kerugian sekitar Rp1 juta. Menurut pengakuan keluarga, Iyan memang sudah kerap keluar masuk RSJD saat gangguan kejiwaanya kambuh.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...