Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sudah Berbulan-bulan Stok Vaksin untuk Balita di Jepara Kosong

Gudang penyimpanan vaksin dan obat Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jepara terus digeber. Namun, di sisi lain, vaksinasi rutin untuk balita justru terbengkalai.

Hal ini terlihat dari kosongnya stok vaksin rutin untuk balita di Kabupaten Jepara. Kepala Unit Pelaksana Teknis Instalasi Farmasi Jepara Ika Rahmawati, menyatakan kondisi ini sudah terjadi cukup lama.

Setidaknya, kelangkaan stok vaksin untuk balita terjadi mulai Februari 2021 lalu.

“Selama pandemi Covid-19 ini vaksin rutin memang kosong. Kadang ada stok tapi sedikit. Kemudian cepat habis,” katanya, Rabu (4/8/2021).

Ika menyebut, ada empat jenis vaksin yang sampai sekarang kosong. Yaitu vaksin BCG, MR, Pentavalen, dan IPV.

Pihaknya merinci, vaksin BCG sudah kosong sejak bulan Mei. Vaksin ini biasanya disuntikkan untuk balita usia sembilan bulan.

Untuk vaksin MR, stoknya sudah habis sejak pertengahan Februari 2021. Vaksin ini juga biasanya disuntikkan untuk balita usia sembilan bulan.

Sementara itu, vaksin Pentavalen sempat kosong pada April sampai Juni 2021. Kemudian ada stok sedikit pada bulan Juli 2021. Namun, saat ini sudah kosong kembali.

Sementara ini, lanjut Ika, vaksin yang tersedia hanya tinggal dua jenis. Yaitu vaksin Polio sebanyak 1.638 vial, dan Vaksin HB Nol masih ada 1.380 dosis.

“Vaksin Polio masih cukup untuk dua bulan. Kalau vaksin HB Nol hanya cukup untuk 1,5 bulan,” ujarnya.

Ika mengatakan, setiap bulan pihaknya selalu mengajukan permintaan dropping vaksin kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, namun, di sana juga kosong. “Jawaban Dinkes Provinsi Jateng dari pusat memang kosong,” pungkasnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...