Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Suprayitno, Kakek Asal Pasuruan yang Jalan Kaki Menuju Istana Merdeka Tiba di Kudus

Suprayitno (67) saat tiba di Jalan Museum Kretek, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Seorang kakek asli Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur bernama Suprayitno (67) berjalan kaki ratusan kilometer dari Pasuruhan menuju Istana Merdeka dan dilanjutkan ke Bogor. Aksi jalan kakinya tersebut memiliki misi menyuarakan Indonesia merdeka bebas dari Covid-19.

Ia menargetkan, pada 17 Agustus 2021 mendatang sudah tiba di Istana Merdeka dan berusaha untuk bertemu presiden di Istana Bogor.

Dari pantauan MURIANEWS,  Rabu (4/8/2021) ia melintas di Kudus dengan membawa pakaian dan topi serba hitam bertuliskan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) harga mati. Ia juga membawa sebuah ransel dan bendera merah putih yang dikibarkan di punggung sebelah kanan.

“Ini inisiatif saya sendiri, dan saya ingin memperjuangkan Indonesia. Perjalanan ini sudah saya lakukan semenjak tanggal 23 Juli 2021,” katanya saat ditemui di Jalan Museum Kretek, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Rabu (4/8/2021).

Ia menceritakan, perjalanan dari Pasuruan-Jakarta-Bogor seperti ini bukan kali pertama dilakukan. Melainkan sudah ketiga kalinya yang membawa misi masing-masing.

Perjalanan pertama, sambungnya, dilakukan pada tanggal 1 Maret 2021 bertepatan dengan hari ulang tahunnya. Saat itu ia menyosialisikan agar masyarakat bisa selalu ingat dengan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Yang kedua, dilakukan tanggal 17 Juni 2021- 13 Juli 2021. Dengan misi mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan vaksinasi.

“Kali ini, Indonesia Merdeka harus bebas dari Covid-19. Tanggal 17 Agustus 2021 saya sampai di Jakarta dan saya akan berusaha untuk masuk ke Istana Merdeka. Yang pertama dan kedua gagal semua,” jelasnya.

Ketika nanti, dirinya berhasil untuk masuk ke Istana Merdeka dan berhasil bertemu dengan Presiden Joko Widodo, akan menyampaikan keluhan masyarakat. Meski menurutnya, penanganan Covid-19 di Indonesia saat ini sudah sangat bagus.

“Jika nanti bisa masuk ke RI 1 (Presiden Joko Widodo, red), saya akan berbicara dengan mengenai Covid-19. Momen kemerdekaan ini harus bisa terbebas dari Covid-19. Karena masyarakat sudah mengeluh,” ujarnya.

Ia pun berpesan kepada masyarakat agar tidak menyerah dan terus berjuang melawan Covid-19. Seusai dari Istana Merdeka ia akan melanjutkan perjalanan ke rumah istrinya di Kampung Karakal RT 2 RW 6 Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...