Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Status PPKM di Kabupaten Jepara dari Level 4 Kini Berubah ke Level 3

Bupati Jepara dan jajaran Forkompimda Jepara, mengikuti Rapat Penanganan Covid-19 se-Jawa Tengah. (MURIANEWS/istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Berdasarkan indikator asesmen level PPKM oleh WHO (World Healt Organitation), situasi pandemi Covid-19 di Jepara pada minggu ke-30 berstatus PPKM level 3. Kondisi ini berarti menjadi lebih baik jika dibandingkan sebelumnya yang berada di level 4 (sesuai Inmendagri Nomor 24 tahun 2021).

Menurut Penjabat Sekda Provinsi Jateng Prasetyo Aribowo, ada 14 kabupaten atau kota yang statusnya berubah ke level 3 dari sebelumnya level 4. Termasuk dalam hal ini adalah Kabupaten Jepara.

Pernyataan ini disampaikan Prasetyo Aribowo, dalam rapat virtual Percepatan Penanganan Covid-19 Se- Jawa Tengah, yang digelar Senin (2/8/2021). Bupati Jepara, Dian Kristiandi dan pejabat Forkimpimda Kabupaten Jepara mengikuti rapat ini di Pendopo Kabupaten Jepara.

“Ada kemajuan dari minggu ke-29, dari yang awalnya hanya 9 kabupaten kota yang level 3, sekarang sudah 14 Kabupaten kota,” demikian dikatakan Prabowo Aribowo, Senin (2/8/2021).

Perkembangan bagus mengenai level PPKM ini diindikasikan dengan menurunnya angka kasus positif Covid-19 di sejumlah kabupaten tersebut. Penerapan PPKM yang dilakukan, dengan demikian telah menunjukan hasil, meskipun belum bisa memastikan bahwa kasus baru positif covid-19 sama sekali telah berakhir.

Rapat Daring itu sendiri, dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo bersama wakilnya Taj Yasin Maimoen. Dalam rapat ini seluruh pimpinan daerah kabupaten dan kota di Jawa Tengah, mengikutinya secara online di wilayah masing-masing.

Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama Forkopimda, bergabung dalam telekonferensi itu, dari peringgitan dalam Pendopo Kartini. Selain itu sejumlah jajaran pejabat di Pemkab Jepara juga turut hadir mendampingi Bupati Jepara.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan, meski menunjukkan progres positif untuk pengendalian pandemi Covid-19,pihaknya tetap meminta kepada jajaran pemerintah daerah tak kendur dalam menegakkan disiplin dan penerapan prokes.

“Harus ada ‘kecerewatan kolektif’, inilah yang perlu kita dorong. Maka, monggo dari masing-masing bapak ibu untuk melakukan control terhadap pelaksanaaan kegiatan PPKM dan penerapan Protokol Kesehatannya,” ujar Ganjar Pranowo dalam kesempatan itu.

Diberitakan sebelumnya, perpanjangan PPKM level 4 berakhir pada 2 Agustus 2021. Keputusan diperpanjang atau tidaknya PPKM ini, Gubernur Jateng ini mengatakan masih menunggu pengumuman dari Pemerintah Pusat.

“Saya belum tahu nanti keputusannya apa, tapi sekali lagi Jawa Tengah belum baik-baik saja. Dugaan saya kita mesti tetap harus kenceng. Awas hati-hati, kita jangan lengah dulu,” kata Ganjar Pranowo di penghujung rapat.

Jepara sendiri sampai saat ini, kasus positive covid-19 yang tercatat mencapai 17.568. Dari jumlah tersebut sebanyak 16.256 sudah dinyatakan sembuh. Sementara sebanyak 342 kasus masih dalam penanganan. Sedangkan sisanya sebanyak 970 orang dinyatakan meninggal.

Jumlah kasus yang masih dalam penanganan sebanyak 342 kasus, sudah menurun dibandingkan pada dua pekan sebelummya. Pada dua pekan lalu, jumlahnya lebih banyak, sehingga menimbulkan antrian di sejumlah fasilitas kesehatan dalam penangannnya.

Penulis: S Budi Santoso
Editor: S Budi Santoso

Comments
Loading...