Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hari Ini, Vaksin Sinopharm, AstraZeneca, dan Moderna Tiba di Kudus

Ilustrasi Vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Vaksin jenis Sinopharm, AstraZeneca dan Moderna tiba di Kabupaten Kudus, hari ini (2/8/2021). Kedatangan tiga jenis vaksin itu dikonfirmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus.

“Kami sampaikan jika ketiga vaksin tersebut akan didropping hari ini,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo melalui Kepala Seksi (Kasi) Survalen Imunisasi DKK Kudus, Aniq Fuad.

Secara rinci, Aniq menjelaskan jumlah masing-masing vaksin. Untuk jenis AstraZeneca ada 1.500 vial atau 15.000 dosis. Itu digunakan untuk dua kali dosis penyuntikan. Kemudian Sinopharm mendapatkan alokasi sebesar 100 vial atau 1000 dosis untuk dua penyuntikan. Sementara vaksin moderna, Kudus mendapat alokasi sebesar 330 vial atau 3.300 dosis.

Aniq mengatakan, dua vaksin yakni Astra Zeneca dan Sinopharm difokuskan untuk penyuntikan dosis pertama dan kedua. Sementara untuk vaksin moderna, diberikan sebagai vaksin booster bagi tenaga kesehatan.

“Ketika nanti sudah datang, segera kami dropping ke sejumlah fasilitas kesehatan untuk segera dilakukan proses vaksinasi,” jelas Aniq.

DKK sendiri, telah melakukan pendataan terkait berapa jumlah tenaga kesehatan yang akan mendapat booster vaksin moderna. Syaratnya, tenaga kesehatan tersebut haruslah telah divaksin sinovac secara lengkap.

Ketika mereka sempat terkonfirmas Covid-19, nakes yang bersangkutan harus menunggu tiga bulan terhitung sejak kesembuhannya untuk mendapatkan vaksin moderna.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...