Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Kudus Perintahkan Distribusi Bansos Beras dari Kemensos Harus Tepat Sasaran

Bupati Kudus HM Hartopo menyerahkan bantuan beras dari Kemensos kepada penerima manfaat di Kecamatan Kota. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menginstruksikan pemberian bantuan beras sepuluh kilogram dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Kudus harus tepat sasaran.

Sehingga, bantuan tersebut bisa benar dirasakan warga yang terdampak pandemi yang masih berlangsung ini.

Kabupaten Kudus sendiri menerima alokasi bantuan beras dari Kemensos yakni sebanyak 37.111 paket.

Dengan rincian 15.683 keluarga dari penerima manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 21.428 dari penerima manfaat Progam Keluarga Harapan (PKH).

“Kemarin kami mengirimkan evaluasinya ke Kemensos, namun memang yang sudah dievaluasi di sana baru 60 persen. Ini Dinas Sosial saya minta untuk menanyakan sisanya supaya bisa tepat sasaran,” ucap Hartopo usai menyerahkan bantuan sosial di Kecamatan Kota, Senin (2/8/2021).

Hartopo khawatir, 40 persen dari jumlah peserta yang belum terevaluasi dengan sempurna tersebut bisa saja telah mengalami kenaikan status atau meninggal dunia. Sehingga bantuan bisa dialihkan ke warga terdampak lainnya. “Pokoknya saya minta harus tepat sasaran biar sangat bermanfaat,” tegas Hartopo.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk,  dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kudus Mundir mengungkapkan, akan menindak lanjuti instruksi Bupati Kudus HM Hartopo.

Mundir mengatakan, evaluasi sebenarnya telah dilakukan tiap bulannya di tingkat desa. Kemudian disetorkan dalam bentuk data ke Dinas Sosial.

“Kemudian kami setorkan ke Kementerian sosial, nanti akan coba kami tindak lanjuti,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...