Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Jepara: Jangan Coba Ada Penyimpangan Dana Covid, Pasti Ketahuan!

Bupati Jepara Dian Kristiandi. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara menelan biaya tidak sedikit. Pejabat yang menggunakan anggaran itu dituntut transparan dan tepat sasaran.

Beradasarkan data yang dirilis Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jepara, anggaran yang sudah terpakai hingga pertengahan Juli 2021 ini dari total anggaran Rp 74 miliar, sudah terpakai Rp 41 miliar.

Kepala BPKAD Jepara Ronji, anggaran yang paling banyak terserap berada di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK). Dari total Rp 41 miliar, sudah terserap Rp 30 miliar. Paling banyak dipakai untuk pengelolaan surveilans kesehatan sebesar Rp 30 miliar.

Sementara itu, di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara, dari alokasi anggaran sebesar Rp 473 juta, baru terpakai Rp 169 juta.

Anggaran itu dialokasikan untuk layanan hubungan media senilai Rp 129 juta, pengelolaan konten dan perencanaan media komunikasi publik senilai Rp 81 juta, dan pelayanan informasi publik sebesar Rp 262 juta.

Kemudian, di Kecamatan Jepara, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 235 juta. Namun, anggarannya sama belum dipakai sama sekali.

Sedangkan, pada pos anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) dialokasikan sebesar Rp 32 miliar. Namun baru terpakai Rp 10 miliar.

Bupati Jepara Dian Kristiandi, menegaskan kepada seluruh penyelenggara anggaran menggunakan anggaran itu sesuai aturan. Pihaknya mengajak bawahannya untuk memaksimalkan penyerapan anggaran yang sudah ada.

Bupati juga menegaskan agar tidak ada pejabat yang melakukan penyimpangan dalam menjalankan anggaran itu. Pasalnya, sudah ada ketentuan-ketentuan yang pasti.

“Saya juga tekankan ke teman-teman. Jangan pernah melakukan tindakan atau langkah-langkah yang kemudian nanti dalam kategori penyimpangan. Pasti nanti akan ketahuan (kalau ada penyimpangan pelaksanaan anggaran, red). Pasti akan ketahuan,” tegas Andi, Sabtu (31/7/2021).

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...