Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

20 Ribu Dosis Vaksin Sinovac di Kudus Ludes dalam Sepekan

Vaksinasi di Desa Janggalan, Kudus beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 20 ribu dosis vaksin jenis Sinovac yang diterima Kabupaten Kudus di awal pekan ini telah habis. Hampir keseluruhannya, sudah disuntikkan untuk penerima vaksin dosis dua di Kota Kretek.

Sementara jadwal dropping berikutnya belum diketahui. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo menyampaikan hal tersebut, Sabtu (31/7/2021).

“Stoknya sudah habis lagi, saat ini kami menunggu dropping kembali,” katanya.

Badai mengatakan, sejak awal kedatangan 20 ribu dosis vaksin tersebut, semuanya telah didistribusikan di 36 fasilitas kesehatan di Kudus yang melayani vaksinasi, dan disuntikkan pada penerima dosis kedua.

“Karena animonya tinggi masyarakat juga tertib menghadiri jadwal vaksinasi. Alhasil ya langsung ludes karena memang kami mengejar penyuntikan dosis dua,” ujarnya.

Walau demikian, dengan disuntikkannya 20 ribu dosis tersebut, jumlah perosentase vaksinasi di Kudus semakin meningkat. Hingga Sabtu, (31/7/2021) persentase vaksinasi untuk dosis satu dan dua sudah berada di angka 28 persen..

“Memang masih rendah, tapi dibanding dengan sejumlah daerah lainnya bisa dibilang itu lumayan,” kata Badai.

DKK Kudus sendiri telah mengajukan penambahan untuk dosis vaksin jenis Sinovac guna penyuntikan dosis kedua, pada Pemprov Jawa Tengah. Hanya kapan terealisasinya belum ada koordinasi kembali.

“Infonya ada sekitar 500 ribu di Pemprov, tapi jenisnya campur. Ya Astra Zeneca (AZ) ya Sinovac, kami berharapnya memang dapat Sinovac ya untuk mengebut percepatan vaksinasi di dosis dua,”  ungkapnya.

Hanya, ketika nanti diberikan dengan jenis AZ, pihaknya pun akan mengalokasikannya untuk penyuntikan dosis pertama.

“Kami akan memanfaatkan yang ada saja kalau seperti itu, sesuai jenis vaksin yang akan kami dapat,” tandasnya.

Diketahui, Kabupaten Kudus mendapat dropping vaksin jenis Sinovac untuk mencukupi kebutuhan vaksinasi dosis dua yang sempat mandek beberapa pekan lalu. Yakni sebanyak 20 ribu dosis vaksin untuk 20 ribu orang.

Vaksin tersebut, datang pada Jumat 23 Juli lalu. Kemudian dimulai penyuntikan pada Senin awal pekan ini.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...