Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

30 Warga Binaan Sembuh, LP Kelas II B Klaten Nihil Covid-19

Kondisi di LP Kelas II B Klaten, Jumat (30/7/2021). Sebanyak 30 warga binaan di LP tersebut sempat terpapar virus corona. Saat ini, puluhan warga binaan itu telah dinyatakan sembuh. (Solopos.com)

MURIANEWS, Klaten – Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten memastikan sudah tidak ada lagi pasien Covid-19 dari warga binaannya. Hal ini setelah 30 warga binaan yang sebelumnya terpapar Covid-19 dinyatakan sembuh.

Kepala LP Kelas II B Klaten, Ahmad Fauzi, Jumat (30/7/2021) menjelaskan, sejauh ini, jumlah warga binaan yang berada di LP Kelas II B Klaten mencapai 296 orang.

“Begitu mengetahui ada 30 warga binaan yang terpapar virus corona itu, kami langsung isolasi di kamar masing-masing. Setelah itu, seluruhnya telah dinyatakan sembuh. Waktu terpapar itu sekitar satu bulan lalu. Kalau hari ini, tidak ada lagi yang terpapar virus corona,” kata Ahmad Fauzi seperti dikutip Solopos.com.

Disinggung tentang penerapan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan LP, Ahmad Fauzi mengatakan hal tersebut tetap dilakukan.

Selama ini, LP Kelas II B Klaten belum membuka jam layanan pembesuk untuk warga binaan. Hal itu ditujukan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang di luar LP.

“Bagi yang masuk ke LP dicek suhu badan dan wajib prokes semuanya,” katanya.

Hal senada dijelaskan Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Diatja) LP Kelas II B Klaten, Muhammad Setiawan.

Sepanjang menjalani isolasi di kamarnya masing-masing, warga binaan yang terpapar terus dipantau kondisinya. Hal itu termasuk memberikan suplai vitamin dan obat Covid-19.

“Sebanyak 30 warga binaan yang terpapar virus corona menjalani isolasi selama 14 hari. Seluruhnya hanya bergejala ringan. Sekarang kan semuanya sudah sembuh. Untuk antisipasinya, kami batasi pertemuan warga binaan dengan orang luar [jadwal besuk ditiadakan],” katanya.

Sebelumnya, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar masih mengalami penambahan 231 kasus baru dan sebanhak 477 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh, Kamis (29/7/2021). Di sisi lain, terdapat penambahan 64 orang dalam sehari.

“Jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 28.491 kasus. Sebanyak 3.329 menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 23.113 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.049 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...