Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pendaftaran BPUM Kembali Dibuka, Ini Daftar Persyaratnya

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap tiga tahun 2021 akan kembali dibuka. Rencananya, pendaftaran BPUM dibuka kembali pada Senin (2/8/2021) hingga Kamis (5/8/2021).

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati. Seperti diketahui, BPUM diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

“Iya benar ada pembukaan BPUM tahap tiga. Besarannya per orang Rp 1,2 juta,” katanya, Jumat (30/7/2021).

Pelaku usaha yang terdampak COVID-19 namun belum mendapatkan bantuan bisa mendaftarkan diri melalui laman https://cutt.ly/BPUM2021KUDUS3. Sebelum mendaftarkan diri, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan.

Ada pun syarat-syarat itu adalah WNI yang memiliki E-KTP dan KK berdomisili Kudus, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kepala desa atau lurah. Kemudian, bukan merupakan ASN, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD. Selanjutnya, tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“BPUM diterima satu kali dalam setahun, dan bagi yang sudah dapat tidak diperbolehkan mendaftar kembali,” kata Rini.

Setelah mendaftarkan diri lewat laman tersebut, pelaku UMKM juga menyerahkan salinan berkas persyaratan yang disebutkan tadi ditambah Surat Keterangan Usaha (SKU) dari desa atau kelurahan, dan foto sedang melakukan kegiatan aktivitas usaha.

Pengumpulan berkas tersebut diserahkan selama hari kerja. Yakni Senin hingga Kamis pukul 08.00 sampai 14.30. Lalu, Jumat pukul 08.00 sampai 11.00.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM di Kudus yang terdampak pandemi COVID-19, sehingga perekonomian kembali bergeliat,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...