Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gusdurian Peduli Bantu APD dan Peralatan Gali Kubur ke Relawan LPBI PCNU Pati

 

Gusdurian Prawoto menyerahkan bantuan APD ke LPBI PCNU Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Komunitas Gusdurian Peduli di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Pat memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) Kepada tenaga relawan pemulasaran jenazah Covid-19, yang tergabung dalam Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Pati.

Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Koordinator Gusdurian Peduli, Nugroho di kantor PCNU Pati. Bantuan diterima oleh Sekretaris LPBI PCNU Pati Aziz Muttakin, Kamis (29/7/2021).

Nugroho mengatakan, selain memberikan APD pihaknya juga memberikan peralatan untuk menggali kubur, termasuk untuk menurunkan jenazah. Hal itu agar mempermudah tim pemulasaran saat melakukan kerja sosial menguburkan jenazah.

“Sasaran kami seberanya ada tiga, yakni untuk warga yang menjalani isolasi mandiri, tenaga kesehatan (nakes), dan relawan pemulasaran. Karena kami lihat relawan yang ada di LPBI PCNU Pati ini aktif, maka kami berikan bantuan APD dan peralatan gali kubur,” katanya.

Menurutnya, bantuan APD tersebut sangat penting bagi relawan pemulasaran. Sebab, mereka juga harus ganti APD setiap kali menguburkan jenazah.

“Ini untuk membantu meringankan lah. Apalagi relawan ini kan sudah meluangkan tenaga dan pikirannya untuk mengurusi jenazah Covid-19. Intinya kita saling suport,” imbuhnya.

Sekretaris LPBI PCNU Pati Aziz Muttakin mengatakan, tantangan yang paling berat bagi relawan ini adalah keselamatan dari bahaya Covid-19.  Karena itu, dengan adanya bantuan APD ini akan sangat bermanfaat.

“Karena kami adalah relawan, tentunya peralatan kami banyak kekurangan. Dengan adanya bantuan ini, tentu akan menguatkan kami dan semiga dapat menjamin keselamatan para relawan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...