Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bulan Dana PMI Kudus Diundur, Target Penggalangan Bakal Dipangkas

Daryanto, Plt Kepala Markas PMI Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Bulan Dana PMI Kudus yang direncanakan dibuka Juli tahun ini diundur. Hal itu lantaran masih belum meredanya pandemi Covid-19 di Kudus.

Plt Kepala Markas PMI Kudus Daryanto menjelaskan, terkait kapan akan dibuka penggalangan dana ini masih akan dirapatkan terlebih dahulu. Selain itu menurutnya, target penggalangan dana yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp 1,3 miliar juga akan disesuaikan.

Pasalnya, penyumbang iuran bulan dana seperti pelajar dan mahasiswa saat ini masih melaksanakan pembelajaran daring.

Daryanto merincikan beberapa sektor yang menjadi pemasukan bulan dana. Di antaranya bagi siswa SD dapat beramal Rp 1 ribu. Sedangkan untuk pelajar SMP dan SMA Rp 2 ribu.

Jumlah yang lebih banyak dikenakan ke masyarakat umum sebesar Rp 3 ribu dan mahasiswa Rp 5 ribu. Sedangkan bagi ASN dikenakan Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu untuk golongan empat.

Khusus bagi ASN iuran untuk bulan dana didasarkan pada golongan ASN. Sehingga nominalnya berbeda.

“Untuk tahun ini awalnya kami memang menargetkan Rp 1,3 juta. Tetapi karena saat ini masih pandemi Covid-19 sepertinya kami sesuaikan lagi targetnya,” katanya, Kamis (29/7/2021).

Jika sudah terkumpul, bulan dana tersebut nantinya akan dikembalikan untuk masyarakat. Bentuknya digunakan untuk kegiatan kemanusiaan. Seperti pemberian bantuan warga yang terdampak longsor, banjir, kebakaran, dan lainnya.

Kemungkinan target penggalangan dana akan ditetapkan sebesar Rp 400 juta, sama dengan tahun 2020 lalu. Meski demikian, realisasi tahun lalu bisa mencapai sebesar Rp 500 juta.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...