Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Disiapkan Payung Hukum, Keterlibatan Swasta dalam Pengembangan Olahraga di Kudus Akan Dimaksimalkan

Public hearing DPRD Kudus terkait Ranperda Kawasan Olahraga, Kamis (29/7/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus kini tengah membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) Kawasan Olahraga yang dibahas oleh Pansus I. Public hearing yang menghadirkan sejumlah pihak digelar, di Ruang rapat Komisi C dan D DPRD Kudus, Kamis (29/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Pansus I menghadirkan perwakilan PR Sukun dan PT Djarum sebagai pihak swasta yang kerap bersinggungan dengan sejumlah cabang olahraga.

“Memang salah satu inti dari Ranperda itu nanti adalah peningkatan keterlibatan swasta dalam memajukan olahraga di Kabupaten Kudus,” kata Ketua Pansus I Sutejo usai Public hearing, Kamis.

Mulai dari penambahan sarana prasarana fasilitas olahraga hingga pemberdayaan sumber daya manusia asli Kudus untuk lebih berprestasi di kancah olahraga.

“Arahnya bisa menggunakan dana CSR perusahaan untuk bisa melaksanakan kegiatan tersebut. Pembangunannya juga bisa dilakukan di tingkat kecamatan, yang terpenting bisa untuk meningkatkan kualitas olahraga di masyarakat,” ujarnya.

Terkait pemberdayaan dan peningkatan SDM Kudus dalam hal olahraga, Tejo menginginkan dalam Ranperda nanti bisa mengatur bagaimana pihak swasta turut serta memberdayakan olahraga-olahraga di Kudus.

Seperti dari PR Sukun misalnya yang memberdayakan olahraga voli dan tenis meja, bisa membangun sarprasnya atau menyumbang seragam olahraga atau fasilitas lainnya. Atau bisa menggelar kompetisi-kompetisi yang bisa menjaring atlet lokal.

“Sehingga arah Ranperda ini bisa menciptakan dan mengangkat calon-calon atlit yang akan memberi sumbangsih pada daerah,” jelas dia.

Corporate Secretary PR Sukun Deka Hendratmanto mengungkapkan pihakanya turut berkomitmen membangun sarana olahraga yang berstandar lebih baik di Kabupaten Kudus.

Saat ini sendiri, PR Sukun tengah berbenah untuk menjadikan arena tenis meja mereka menjadi lebih baik lagi. Arena bola voli indoor juga terus dilakukan untuk penyempurnaan.

“Hanya memang dari kami berharap ada dispensasi bagi para atlet yang masih bersekolah, sehingga ketika mereka akan bertanding persiapan mereka bisa maksimal,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...