Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

98 Napi Rutan Kudus Diusulkan Peroleh Remisi Kemerdekaan

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 98 warga binaan atau narapidana di Rutan IIB Kudus diusulkan mendapatkan remisi kemerdekaan 17 Agustus 2021 mendatang.  Mereka akan mendapatkan pengurangan masa hukuman setelah mendapatkan persetujuan oleh Kementerian Hukum dan  Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kepala Rutan II B Kudus Suprihadi mengatakan, hari ini pihaknya mengirimkan data 98 narapidana yang diusulkan untuk mendapatkan remisi tersebut.

“Ini baru usulan, juga belum tentu semua mendapatkan, tergantung keputusan dari direktorat nanti. Biasanya nanti menjelang hari Hari Kemerdekaan baru ada keputusan berapa yang mendapatkan remisi,” katanya, Kamis (29/7/2021).

Ia menjelaskan, puluhan narapidana yang diajukan untuk mendapatkan remisi tersebut telah memenuhi persyaratan. Seperti halnya masa tahanan sudah dijalani minimal enam bulan dan dengan syarat berkelakuan baik selama menjalani hukuman.

“Mereka terjerat berbagai kasus. Dan jika disetujui akan ada satu narapidana kasus pencurian yang langsung bebas usai mendapatkan remisi,” jelasnya.

Sementara hingga hari ini, total ada 145 narapidana di Rutan Kelas II B Kudus. Sebagian besar, napi tersebut juga telah melakukan vaksinasi tahap pertama pada Selasa (27/7/2021) lalu.

“Jumlah itu tidak terlalu banyak, karena memang berangsur berkurang karena tahun ini juga ada 69 narapidana yang kami berikan asimilasi. Tapi tetap dalam pantauan dan wajib absen atau lapor, ” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...