Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pati Bebas dari Zona Merah, PPKM Level 4 Terus Berlanjut

Haryanto bertemu dengan salah satu warga terdampak pandemi. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kabupaten Pati saat ini sudah terbebas dari zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19. Status Pati kini turun di zona oranye, yang ditandai dengan menurunnya penambahan kasus dan kematian warga yang terpapar virus tersebut.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir, angka kematian di Pati berangsur mengalami penurunan. Bahkan dua hari terakhir hanya ada empat orang yang meninggal dengan prosedur pemulasaran Covid-19.

“Kita sudah masuk zona oranye. Dulu, angka kematian sehari bisa mencapai 30 orang bahkan lebih. Tapi kemarin satu minggu ini, sudah berkurang drastis. Ini perkembangannya sudah cukup baik lah,” katanya, Kamis (29/7/2021).

Kondisi ini diakui sudah cukup membaik terkait penanganan kasus Covid-19. Ia menyebut, pola penerapan protokol kesehatan dan ketaatan masyarakat terhadap kebijakan PPKM menjadi faktor utama semakin membaiknya kondisi saat ini.

“Kalau kondisi membaik, yang merasakan masyarakat sendiri,” ujarnya.

Hanya saja, lanjut Haryanto, meski sudah turun ke zona oranye Pati ini tetap menerapkan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus, sehingga pihaknya juga tetap melakukan operasi yustisi.

“Saat ini kita kena dampak PPKM, tapi kita tidak sendiri. Ini kebijakan pemerintah dalam rangka untuk melindungi kesehatan masyarakat,” terangnya.

Dirinya berharap, selama pemberlakuan PPKM ini maupun setelah selesainya PPKM, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Karena virus corona masih ada, sehingga harus tetap berhati-hati.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...