Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kandang Terbakar, Lima Kerbau di Jepara Terpanggang, Tiga di Antaranya Sedang Bunting

Kerbau di Desa Gerdu, Kecamatan Pecangaan Jepara mati terbakar. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Warga Desa Gerdu, Kecamatan Pecangaan, Jepara digegerkan dengan kebakaran di kandang kerbau, Kamis (29/7/2021) dini hari. Lima ekor kerbau di kandang tersebut pun mati terpanggang.

Petinggi Desa Gerdu, Winarko Wibowo mengatakan, lima kerbau tersebut milik Sugiono. Kejadiannya sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi.

Sugiono dan warga baru tahu kebakaran itu setelah api membesar. “Langsung lima yang terpanggang. Milik Pak Sugi sendiri,” kata Bowo.

Dari lima kerbau itu, tiga ekor di antaranya sedang bunting. Bersama dengan kerbau, Si Jago Merah juga melahap enam kandang dan dua ekor ayam.

Api baru padam setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Namun, kerbau-kerbau itu terlanjur terbakar dalam kandang.

Bowo menyebut, kerugian atas peristiwa nahas itu mencapai Rp 280 juta. Satu ekor kerbau seharga Rp 20 juta, dan satu kandang seharga Rp 30 juta.

“Kalau penyebab kebakarannya kami belum bisa memastikan. Soalnya tahu-tahu api sudah membesar,” imbuh Bowo.

Pihaknya menambahkan, lokasi penempatan kerbau tersebut berada di satu lokasi milik kelompok peternak kerbau. Terdapat puluhan kandang yang berdampingan. Beruntung, hanya enam kandang yang ludes dan api tidak menyambar ke kandang-kandang lainnya.

Kendati demikian, lanjut Bowo, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jepara, tetap memberikan obat pada kerbau-kerbau lain yang masih hidup. Tujuannya supaya tidak stres akibat kebakaran.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...