Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Masih Butuh Sejutaan Dosis Vaksin Covid-19 untuk Capai Target

 

Vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus masih membutuhkan setidaknya satu juta dosis vaksin Covid-19 lagi untuk mencapai target yang dibebankan, yakni sebanyak 661.727 orang.

Jumlah target tersebut terdiri dari lima kategori. Yakni Tenaga kesehatan sebanyak 5.502 orang, Pelayanan publik sebanyak 52.660 orang, lansia sebanyak 71.098 orang, serta masyarakat umum dan rentan sebanyak 452.410 orang.

Sementara satu kategori lainnya, adalah kategori remaja, yakni sebanyak 80.057 orang.

“Kalau dihitung-hitung sekarang baru tercukupi sekitar 200 ribu-an dosis yang telah disuntikkan. Nah berdasar hitungan ya kira-kira masih butuh sekitar satu juta-an lagi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo, Kamis (29/7/2021).

Pihaknya pun telah menyampaikan kebutuhan tersebut pada pemerintah pusat. Ketika hal tersebut bisa dipenuhi, pihaknya sangat siap menghabiskan dosis tersebut dalam kurun waktu satu bulan ke depan. Sehingga Kudus bisa dijadikan percontohan.

Keyakinan tersebut, kata dia, adalah berlandaskan animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap vaksinasi. Ditambah, mulai banyak pihak-pihak yang telah siap mendukung percepatan vaksinasi. Baik instansi swasta maupun lainnya.

“Mereka sebenarnya sudah menunggu dosis ini tiba. Ketika sudah ada, mereka sudah sangat siap untuk menggelar proses vaksinasi, termasuk menjaring masanya,” jelas Badai.

Kabupaten Kudus sendiri baru mendapat dropping vaksin jenis Sinovac untuk mencukupi kebutuhan vaksinasi dosis dua yang sempat mandek hampir sepekan. Yakni sebanyak 20 ribu dosis vaksin untuk 20 ribu orang.

Semua fasilitas kesehatan pun kini mulai menyuntikkan dosis kedua tersebut dan difokuskan untuk penyuntikan dosis kedua.

Direktur RSI Sunan Kudus dr Ahmad Syaifuddin pun mengakui jika animo dari masyarakat untuk melaksanakan dosis vaksin kedua ini sangatlah tinggi.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pemerintah bisa memperlancar proses dropping vaksin untuk daerah-daerah. Mengingat animo masyarakat sangatlah tinggi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...