Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Seluruh Vaksinator Covid-19 di Jepara Belum Ada yang Cairkan Honor

Salah satu vaksinator tengah menyuntik vaksin kepada warga. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Selain mendapatkan insentif, tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Jepara yang menjadi tenaga vaksinator Covid-19 juga mendapatkan honor tersendiri. Namun, hingga kini belum satupun nakes yang mencairkan honor itu.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Muh Ali mengakui hal ini. Menurutnya, seluruh vaksinator belum ada yang mengambil honor itu. Vaksinator-vaksinator itu tersebar di 38 fasilitas kesehatan.

“Belum diambil semua. Sudah hampir Rp 1 miliar sendiri. SPJ (Surat Pertanggungjawaban, red) dari temen-temen (fasilitas kesehatan, red) belum dibuat,” kata Muh Ali, Rabu (28/7/2021).

Muh Ali menyebut, perintah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk membayar honor kepada vaksinator baru turun bulan Juni lalu.

Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara sudah menyiapkannya jauh sebelum itu. “Sejak awal tahun 2021 sudah kita siapkan dulu,” ujarnya.

Muh Ali menyebut, anggaran khusus pelaksanaan vaksinasi sebesar Rp 1,1 miliar. Selain untuk membayar honor vaksinator, anggaran itu juga dialokasikan untuk membiayai perjalanan waktu pengambilan vaksin.

Baca: Tunggakan Insentif Nakes di Jepara Tembus Rp 8,9 Miliar, Sisa Anggaran Diperkirakan Kurang

Pihaknya mengutarakan, honor tersebut diberikan langsung kepada masing-masing fasilitas kesehatan setiap bulannya. “Kurang lebih Rp 500 ribuan (per vaksinator, red). Seingat saya,” ujar Muh Ali.

Terkait dengan belum diklaimkannya honor itu, Muh Ali menduga masing-masing fasilitas kesehatan memilih menjadikan satu SPJ-nya.

“Tapi belum diklaimkan. Belum dicairkan, mereka. Mungkin kelompok, sekalian bikin SPJ banyak jadi satu,” pungkas Muh Ali.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...