Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Raih Total Angkatan 342 Kg, Rahmat Erwin Abdullah Berpeluang Raih Medali

Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Hidayat berpeluang mendapatkan medali.(twitter.com/suarasupporter)

MURIANEWS, Tokyo- Peluang Indonesia untuk bisa kembali mendapatkan pundi-pundi medali kembali terbuka di cabang angkat besi. Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah, membuka peluang setelah berhasil menduduki posisi pertama di grub B, di kelas 73 kg.

Rahmat Erwin Abdullah berhasil mengangkat beban total 342 kg, pada perlombaan angkat besi yang berlangsung di Tokyo Internasional Forum, Rabu (28/7/2021). Di angkatan Snatch Rahmat berhasil mengangkat 152 kg sementara di angktan Clean and Jerk dia berhasil mengangkat 190 kg.

Secara keseluruhan Rahmat mendominasi total angkatan hingga berselisih 22 kg dari saingan terdekatnya di Grup B. Lifter asal Meksiko, Jorge Adan Cardenas yang berada di posisi kedua berhasil mengangkat beban total 320 kg.

Untuk peringkat ke-3 di Grub B ini, lifter asal Arab Saudi, Mohammed Alhumayd berhasil mengangkat beban total 306 kg. Dengan demikian, Rahmat memiliki peluang untuk meraih medali.

Kepastian itu masih menunggu hasil perlombaan di Grup A yang dilakukan beberapa jam setelah perlombaan di Grup B berakhir. Hasil di Grup A sesuai dengan ketentuan di Olimpiade 2020, akan dibandingkan hasilnya.

Pada perlombaan di Grup B, Rahmat memulai dengan mengangkat beban 142 kg di nomor snatch. Selanjutnya, atlet berusia 20 tahun ini kemudian menaikan beban angkatan pada angka 147kg di kesempatan kedua.

Berhasil mengangkat beban seberat 147 kg, Rahmat selanjutnya di kesempatan ke-3 Rahmat meningkatkan beban angkatan menjadi 152kg. Beban ini menjadi angka terakhir yang bisa diangkatnya.

Sedangkan di angktan clean and jerk, Rahmat langsung menaruh beban seberat 180kg di kesempatan pertama. Di kesempatan kedua, dirinya justru mengalami kegagalan. Sedangkan di kesempatan ketiga, Rahmat yang mengejar kemenangan menambah beban angkatan hingga 190kg. Ajaib, Rahmat malah berhasil mengangkatnya.

Sebelumnya, di kelas 67 kg putra, lifter Indonesia Deni gagal mendapatkan medali. Dalam perlombaan Minggu (25/7/2021), Deni hanya mencatatkan angkatan total 301 kilogram. Jumlah itu di kumpulkan dari angkatan snatch 135 kilogram dan clean and jerk 166 kilogram.

Di kelas ini, medali emas diraih lifter Lijun Chen asal Cina dengan total angkatan 332 kilogram (145 kilogram dan 187 kilogram ). Kemudian Lifter Kolombia, Luis Javier Mosquera, meraih perak. Sedangkan Mirko Zanni asal Italia merebut medali perunggu.

Di angkat Indonesia masih berharap bisa mendapatkan tambahan medali dari Rahmat Erwin Abdullah di kelas 73 kilogram putra dan Nurul Akmal di kelas +87 kilogram putri.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...