Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kurangi Kesenjangan, Bupati Pati Minta Pemerintah Pusat Ikut Perhatikan Masyarakat yang Belum Tersentuh Bantuan

 

Haryanto saat memberikan secara simbolis bantuan beras 10 kg dari Bulog (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto meminta pemerintah pusat ikut memperhatikan warga yang belum mendapatkan salah satu bantuan sosial (bansos) dari tujuh macam bantuan program pemerintah. Apalagi, mereka juga bagian dari warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurutnya, yang terdampak COVID-19 ini tidak hanya mereka yang masuk dalam data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Program Keluarga Harapan (PKH) atau program lainnya. Sebab, sebelum pandemi pun, mereka sudah mendapatkan bantuan.

“Yang kami harapkan, diluar itu (yang terdaftar dalam program PKH, BST, BPNT) juga mendapatkan perhatian. Ada PKL, angkringan, pedagang asongan, pelaku seni. Banyak lah yang terkena dampak Corona ini,” jelasnya.

Haryanto berharap jika mereka yang belum masuk data penerima tujuh bansos pemerintah, setidaknya dapat menekan kesenjangan sosial. Sekalipun sudah ada berbagai program dari pemerintah pusat, baik melalui Kapolres maupum Kodim, ada juga yang dari pemkab.

“Namun, setidaknya nanti dapat menyisir bagi yang tidak tercover, sehingga mereka yang belum pernah mendapatkan bantuan, dapat juga diperhatikan,” imbuhnya.

Dirinya berharap agar bantuan yang ada saat ini, baik dari PKH, BPNT, BST, BLT DD, Banpres UMKM maupun bantuan yang lainnya, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Sebab, bantuan tersebut sifatnya untuk meringankan beban masyarakat.

“Kami dari Pemkab juga berupaya untuk memberikan bantuan bagi warga yang berlum pernah mendapatkan. Bahkan beberapa kali sudah kami lakukan dengan memberikan paket sembako,” terangnya.

Dirinya mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Sekali pun Pati masuk dalam PPKM Level IV, tetapi masyarakat harus tetap waspada. Penularan Covid-19 ini sangat cepat. Karena itu, semuanya harus berhati-hati dan menjaga diri.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...