Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tuntaskan Vaksinasi Dosis Kedua, Sejumlah Warga yang Minta Vaksin Dosis Pertama di Puskesmas Jepang Balik Kanan

Seorang warga mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Puskesmas Jepang, Kecamatan Mejobo, Rabu (28/7/2021). (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Antusiasme masyarakat Kudus mengikuti vaksinasi Covid-19 masih tinggi. Buktinya, masih banyak masyarakat yang datang untuk mengikuti vaksinasi di Puskesmas Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Rabu (28/7/2021).

Mereka rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan vaksinasi itu. Namun, ternyata beberapa di antara warga, harus balik kanan. Sebabnya, vaksinasi yang dilakukan Puskesmas Jepang saat itu difokuskan untuk penyuntikan dosis kedua.

“Tadi banyak masyarakat yang datang dan minta untuk disuntik vaksin dosis pertama. Tapi kami belum bisa melayani.  Karena sasaran kali ini menuntaskan yang dosis kedua dulu, ” kata d Kepala Puskesmas Jepang, dr. Tita Junainiesti.

Ketua tim vaksinasi Puskesmas Jepang, dr. Rita mengatakan antusiasme warga itu terjadi karena sebelumnya pihaknya mengalami kekosongan stok untuk penyuntikan dosis kedua. Bahkan, pihaknya sempat menunda selama tujuh hari karena belum adanya stok.

“Hari ini sebenarnya kami batasi sampai 200 dosis vaksin, tapi karena antusias masyarakat tinggi jadi kami lebihkan. Dan hari ini yang sudah tersuntikan dosis kedua itu sekitar 320an dosis,” jelasnya.

Puskesmas Jepang sendiri, lanjut dia, mendapatkan kuota vaksin sebanyak 600 dosis dari Dinas Kabupaten Kudus (DKK) pada akhir pekan lalu. Masyarakat yang belum mendapatkan vaksin kedua hari ini, bisa kembali besok (Kamis (29/7/2021).

“Kami memang membatasi kuotanya, kalau tidak nanti bisa terlalu ramai. Yang tadi tidak dapat jatah, kami minta kembali besok pagi,” imbuhnya.

Sementara salah seorang penerima vaksin dosis kedua Sutrisno (42) mengaku rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan vaksin dosis kedua. Sebab banyaknya masyarakat yang datang untuk mengikuti vaksinasi dosis kedua.

“Saya antre dadi 07.30-11.00 WIB, sempet jenuh karena ramai. Tapi tadi ada pihak Polisi yang mengimbau untuk tidak berkerumun,” ucapnya.

Sedangkan salah seorang warga lain, Sulistiyani (42) menjelaskan, pihaknya diminta untuk kembali esok hari. untuk mendapatkan vaksinasi dosis kedua. Meski demikian, pihaknya memaklumi hal tersebut. lantaran memang banyak masyarakat yang antusias untuk bisa divaksin tahap kedua.

“Disuruh kembali besok pagi, seharusnya itu tanggal 22 Juli 2021 kemari di suntik tahap dua. Tapi karena kosong jadi mundur. Ya tidak apa-apa disuruh kembali besok, yang penting bisa mendapatkan vaksin kedua,” tandas warga Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus itu.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...