Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Setelah 97 Tahun, Filipina Akhirnya Berhasil Raih Emas Olimpiade Pertama Mereka

Filipina berhasil meraih emas olimpiade pertama, setelah 97 tahun.(https://twitter.com/marco_svd)

MURIANEWS, Tokyo- Kontingen Olimpiade Filipina diselimuti kegembiraan luar biasa di Arena Olimpiade Tokyo 2020. Ini terjadi setelah mereka memastikan medali emas pertama sejak keikutsertaan mereka di Olimpiade.

Atlet angkat besi putri mereka, Hidilyn Diaz, berhasil merebut medali emas di kelas 55 kg putri. Keberhasilan Diaz merupakan yang pertama dilakukan oleh atlet Filipina di pentas Olimpiade.

Filipina sendiri pertama mengikuti ajang Olimpiade pada 1924 lampau. Jika dihitung, maka mereka baru bisa meraup medali emas setelah 97 tahun. Keberhasilan ini tentu saja menimbulkan sebuah euforia di Filipina.

Lifter Filipina Hidilyn Diaz yang berusia 30 tahun, menangis haru saat mengambil medali emas dalam acara penyerahan medali. Perempuan perkasa asal Filipina ini meraih medali emas setelah berhasil mengangkat beban total 224 kilogram.

Tangisan haru atlet Filipina ini tidaklah berlebihan. Karena momen ini merupakan yang pertama kali terjadi untuk Filipina. Tidak hanya itu, dengan total angkatan 224 kg ini, Hidilyn Diaz juga tercatat memecahkan rekor Olimpiade.

Keberhasilannya, juga dipastikan akan membuat Diaz akan membawa banyak hal dari Tokyo. Tidak hanya sekedar medali dan kebanggaan. Sebab dengan persembahan medali ema situ, Pemerintah Filipina akan memberikan sejumlah hadiah.

Bonus sebesar 4,2 krone Filipina, atau sekitar Rp7 Miliar akan diberikan oleh Pemerintah Filipina kepada dirinya. Selain itu, ia juga akan mendapatkan hadiah sebuah rumah. Pemerintah Filipina dan sejumlah pengusaha disana sudah menjanjikan hal ini.

“Ini (Seperti) tidak nyata. Sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Kepada generasi muda di Filipina, saya akan mengatakan, ‘Anda juga bisa memimpikan emas,’” kata Hidilyn Diaz seperti dikutip Extra Bladet, media Denmark.

Pemerintah Filipina, melalui Presiden Rodrigo Duterte Harry Roque juga menyatakan kegembiaraannya. Prestasi ini membuat Filipina sangat bangga dan merasa terhormat.

“Istana mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz karena membawa kebanggaan dan kehormatan bagi Filipina dengan memenangkan medali emas Olimpiade pertama bagi Filipina,” demikian pernyataan Duterte, melalui juru bicaranya di akun twitter.

Hidilyn Diaz sendiri merupakan atlet angkat besi andalan Filipina dalam satu dekade terakhir. Keikutsertaannya di Olimpiade sebelumnya juga sudah memberikan sumbangan medali perak di Olimpiade 2016 Rio de Jeneiro, Brasil.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 ini, Hidilyn kembali menjadi harapan Filipina. Bertarung di kelas 55 kg, akhirnya dirinya berhasil meningkatkan prestasinya dengan berhasil meraih medali emas.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Ektra Bladet

 

Comments
Loading...