Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Brelyantika Indra, Gadis Jepara Terima Beasiswa Kuliah di Empat Negara Eropa

Bupati Jepara Dian Kristiandi memberikan apresiasi kepada Brelyantika Indra Jesa. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi kebanggaan khusus sekaligus cita-cita bagi sebagian orang. Apalagi dalam menempuh pendidikan itu didapat secara gratis atau memperoleh beasiswa.

Brelyantika Indra Jesa, adalah salah satu gadis Bumi Kartini yang mendapatkan kesempatan emas itu. Tak tanggung-tanggung, mulai September 2021 mendatang, ia akan menjalankan studi S2 di Eropa.

Juara Puteri Pendidikan Jawa Tengah Tahun 2020 ini akan mendapatkan beasiswa S2 dari program Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD). EMJMD adalah bagian dari program Erasmus+, sebuah program yang diprakarsai oleh Uni Eropa untuk mendukung bidang pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga.

Pada dasarnya, EMJMD adalah program studi internasional bergengsi yang diajarkan secara terintegrasi oleh sebuah konsorsium internasional yang terdiri dari berbagai intitusi pendidikan tinggi.

Tika, sapaan akrabnya, yang juga pernah peringkat III Duta Wisata Jepara 2018 ini menceritakan jika dirinya akan menempuh pendidikan S2 selama dua tahun di empat negara Eropa. Masing-masing yakni Lithuania, Latvia, Slovakia dan Portugal.

“Jadi setiap satu semester akan pindah ke negara lain. Total ada empat semester,” kata juara Duta Bahasa Jawa Tengah 2019 ini, saat meminta restu kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi, Selasa (27/7/2021) di Pendapa RA Kartini.

Lulusan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung ini akan mengambil jurusan yang sama dengan yang digelutinya saat S1 yakni Pekerja Sosial dengan Anak dan Remaja. Dirinya menyampikan terima kasih atas dukungan yang selama ini telah diberikan oleh Bupati Dian Kristiandi kepada dirinya.

“Sejak tahun 2018 sudah sering bertemu dengan Pak Andi dan beliau selalu mendukung. Untuk itu saya sampaikan terima kasih atas dukungan yang selama ini telah diberikan,” ungkap putri pasangan Sukaono dan Rohatin ini.

Beasiswa S2 ke Eropa ini akan menambah  daftar panjang pengalaman dan prestasi gadis yang beralamat di Jalan Shima Nomor 90 Mulyoharjo, Kabupaten Jepara ini.

Beberapa prestasi yang sebelumnya telah diraih Tika di antaranya, juara lomba karya ilmiah olimpiade mahasiswa Sekolah Tinggi Kesejahteran Sosial ( STKS) Bandung 2017, peringkat III lomba duta genre Kota Bandung 2018, peringkat III Duta Wisata Jepara 2018, Duta Bahasa STKS Bandung, dan juara Duta Bahasa Jawa Tengah 2019.

Di forum internasional sendiri, dia pernah ambil bagian dalam Asia Youth Model United Nations (Ayimun) Kuala Lumpur, Malaysia 2017, peserta Glocal Citizenship Bootcamp Chai Wan Hong Kong yang diselenggarakan VOLTRA HongKong 2018, peserta Macao International Workcamp, peserta The Feast of Na-Tcha in the Historic center of Macao which is organized by Macao New Chinese Youth Association (MNCYA) 2018, Petugas Penghubung Indonesia di Tur Diplomatik yang diikuti oleh 20 Duta Besar di Jepara serta International Workcamp Germany 2018 serta Inclusive Adventure Education 2019 di Varna, Bulgaria.

Di Eropa, gadis kelahiran 16 April 1998 ini akan kuliah di Mykolo Romero Universitetas (Lithuania), Rigas Stradana Universitate (Latvia), Universitas Catholica Ruzomberok (Slovakia) dan terakhir di University Institute of Lisbon (portugal).

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi mendukung penuh pendidikan yang akan ditempuh oleh Tika. Dirinya mendoakan Tika akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Dalam kesempatan itu, Andi juga memberikan uang apresiasi sebesar Rp 5 juta kepada Tika.

“Kami selalu mendukung dan mendoakan agar Tika terus sukses mengejar impiannya dan tentu akan kembali lagi untuk ikut membangun Jepara,” tutur Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...