Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dinilai Lempar Tanggung Jawab, Pakar Ingatkan Jokowi

Presiden Joko Widodo. (BPMI Setpres/Lukas)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai belum menunjukan leadership in crisis. Jokowi juga dinilai masih lempar tanggungjawab dalam penanganan pandemi Covid-19. Penilaian itu diungkapkan Dosen Ilmu Politik dan Studi Internasional Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam.

Menurutnya, dalam penanganan pademi ini seharusnya langsung oleh badan yang dikoordinasikan Presiden. Umam menilai harus ada kepemimpinan yang jelas dalam rangkaian penanganan pandemi Covid-19.

“Makanya leadership in crisis itu harus ditunjukkan Presiden. Jangan dilempar tanggung jawab, ya ke menko siapa, ke menko siapa,” ujar Umam dalam diskusi virtual yang dikutip Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

Jokowi juga didorong turun langsung membawahi proses penanganan pandemi. Adanya tingkatan-tingkatan dalam proses penanganan Covid-19, dinilai Umam, justru membuat masyarakat bingung.

“Sebaiknya presiden turun langsung, handle langsung, bentuk lembaga yang memang berada di bawah presiden langsung, tanpa kemudian menciptakan layer-layer yang sekiranya menciptakan kebingungan publik,” lanjut dia.

Umam meminta pemerintah mencontoh kepemimpinan sejumlah negara dalam penanganan pandemi, seperti Jerman dan Selandia Baru. Menurutnya, penanganan pandemi di dua negara itu dipimpin langsung oleh kepala negara.

“Jangan dibuat layer yang kemudian menciptakan layer-layer yang saya pikir tidak produktif secara otoritas kewenangan kelembagaan itu, sehingga kemudian seolah-olah ingin melindungi presiden, misalnya gitu ya, dalam konteks pengambilan keputusan publik yang sifatnya harus cepat dan butuh otoritas yang besar,” sambungnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...