Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

119 Narapidana Rutan Kudus Disuntik Vaksin Covid Dosis Pertama

Pelaksanaan vaksinasi narapidana di Rutan Kelas II B Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 119 warga binaan atau narapidana (napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus menjalani vaksinasi Covid-19, Selasa (27/7/2021).  Dandim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto beserta Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma juga meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi narapidana itu.

Kepala Rutan IIB Kudus Suprihadi mengakatan pihaknya melakukan koordinasi dengan Kodim, Polres dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus untuk menggelar vaksinasi.

Ia merincikan, dari 129 warga binaan yang mengikuti skrining 119 di antaranya lolos dan langsung disuntik. Sementara sepuluh warga binaan diantaranya belum bisa divaksin lantaran terkendala memiliki penyakit penyerta serta tensinya tinggi.

“Total warga binaan kami ada 145 orang, tapi 16 orang masih di Polres Kudus. Dari 129 warga binaan 119 di antaranya sudah divaksin, ” terangnya.

Menurutnya tidak ada penolakan dari warga binaan saat proses vaksinasi berlangsung, lantaran memang bertujuan untuk memproteksi diri dari kemungkinan terburuk dari Covid-19. Dari 119 warga binaan itu, lanjut dia, tidak mengalami keluhan apapun setelah divaksin.

Sementara Dandim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto menjelaskan, serbuan vaksinasi di Rutan tersebut juga sebagai salah satu ikhtiar membentuk percepatan herd immunity di Kudus. Sebelumnya, pegawai di Rutan Kudus juga telah mengikuti vaksinasi.

“Jadi termasuk di Rutan Kudus juga bisa terbentuk herd immunity atau kekebalan bersama. Sebagai ikhtiar untuk membantu penanggulangan Covid-19 di Kudus dan tidak ada klaster baru,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...