Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gegara Pakai Masker ‘Kucing’, Perenang Rusia Ditolak Saat Akan Menerima Medali Olimpiade 2020

Perenang Rusia Yevgeny Rylon, sempat ditolak di acara penyerahan medali, gara-gara memakai masker ‘kucing’. (instagram/@evgesh.rylov2396)

MURIANEWS, Tokyo- Perenang Rusia, Yevgeny Rylov menyatakan sangat kecewa ketika pihak panitia IOC (Komite Olimpiade Internasional) Olimpiade 2020 Tokyo melarangnya, menggunakan masker ‘kucing’. Hal ini terjadi menjelang acara penyerahan medali renang Gaya Punggung 100m, Selasa (27/7/2021).

Perenang Rusia ini, menciptakan sejarah setelah berhasil meraih medali emas untuk negaranya. Namun kekecewaannya menyeruak, ditengah kegembiraannya meraih medali emas bersejarah itu.

Saat akan hadir dalam upacara penyerahan medali, dirinya dilarang datang oleh pihak IOC di arena Renang. Juara olimpiade ini sempat bersitegang, lantaran dirinya tetap berskiras mengenakan masker ‘kucing’.

Yevgeny Rylov memang memilih mengenakan masker dengan gambar kucing di bagian depannya. Sekilas memang menjadikan penampilannya menjadi ‘lain’. Pilihan penggunaan masker ini dilakukannya sebagai bagian dari ekspresi dirinya dan alasan penampilan dirinya.

Namun sepertinya, pihak petugas panitia di arena renang Olimpiade Tokyo 2020, tidak bisa memahami dorongan hati si perenang. Juara baru Olimpiade itu diminta untuk mengganti masker yang dikenakannya.

Meski sempat ‘ngeyel’ akhirnya Yevgeny Rylov mengalah, dan mengganti maskernya dengan warna putih polos yang biasa dipakai banyak orang. Hal itu dilakukannya dengan penuh keterpaksaan, sebelum kemudian mengungkapkan kekecewaannya ke wartawan  media Rusia, Sport-Express.

“Saya ingin menangis. Saya tidak diizinkan keluar dengan topeng bergambar kucing. Mereka berkata, “Maaf, Anda tidak bisa.” Tapi saya tidak akan berdebat dengan penyelenggara Olimpiade,” kata juara Rylon usai acara penyerahan medali.

Perenang Rusia, Rylov memenangkan emas bersejarah di gaya punggung 100m. Ini adalah prestasi terbaiknya sejauh ini, dengan merobohkan dominasi perenang-perenang asal Amerika Serikat.

Penggunaan masker dengan bentuk-bentuk dan warna tertentu tidak diatur dalam peraturan IOC di arena Olimpiade 2020. Tidak ada aturan yang pasti mengenai masker yang harus dikenakan oleh para atlet yang terlibat.

Para atlet dan official memang diwajibkan mengenakan masker diluar pertandingan. Namun soal jenis masker yang harus dikenakan, IOC tidak menyebut ada aturan tertentu. Hal inilah yang akhirnya membuat Yevgeny Rylop merasa kecewa, ketika harus mengganti masker ‘kucing’ kebanggaanya.

Di arena Olimpiade 2020 sebenarnya banyak masker dengan berbagai motiv digunakan para peserta. Tim Amerika Serikat bahkan menggunakan masker dengan motiv Dark Knight Returns.

Kemudian ada juga beberapa jenis masker yang menampilkan gambar-gamar dari masing-masing cabang olahraga. Beberapa atlet kebanyakan menggunakan masker yang membubuhkan gambar atribut dari negaranya berasal.

Kasus di kolam renang Olimpiade 2020 ini akhirnya menjadi sebuah pembicaraan. Pihak IOC sendiri belum memberikan pernyataan apapun terkait insiden ini. Penyerahan medali di cabang renang nomor punggung 100m putra, akhirnya bisa digelar, meski sempat membuat sang juara baru ‘tertahan’ gegara masker ‘kucingnya’.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Sport Express

Comments
Loading...